Dark/Light Mode

Perkuat Kompetensi Kehumasan, ILUNI UI Training PR 629 Orang Alumninya

Minggu, 10 April 2022 22:59 WIB
Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian (Foto: Dok. ILUNI UI)
Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian (Foto: Dok. ILUNI UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompetensi kehumasan perlu dikuasai profesi yang berkaitan dengan publik agar memahami mengelola informasi dan komunikasi publik yang baik dan mencegah polarisasi di tengah masyarakat. Untuk itu, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar Eksklusif PR Training secara daring selama dua pekan.

“Salah satunya gerakan kohesi kebangsaan yang diinisiasi sejak Oktober tahun lalu. Gerakan ini punya tujuan untuk mencegah polarisasi di tengah masyarakat. Ini semua tentu memerlukan kompetensi kehumasan dan publikasi yang luas kepada para pemangku kepentingan, termasuk juga rekan-rekan media,” kata Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, menutup rangkaian Eksklusif PR Training ILUNI UI, Minggu (10/4).

Sebanyak total 629 peserta yang terdiri dari anggota ILUNI UI, ILUNI Fakultas, ILUNI Wilayah, ILUNI Chapter, BEM UI, Rektorat UI, dan sejumlah instansi berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. Pelatihan ini adalah kolaborasi antara ILUNI UI bersama APPRI Academy, program dari Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) yang digelar selama dua pekan, 21- 31 Maret 2022.

Baca juga : Ada Yang Girang Ada Yang Meriang

Andre melanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi kehumasan di antara pengurus ILUNI UI Pusat, Wilayah dan Chapter. Di ILUNI UI sendiri, ada 7 center dengan masing-masing program kerja dan kegiatan berbeda. Pada tahun kedua kepengurusan Andre, ada lebih dari 145 kegiatan yang dilaksanakan ILUNI UI. Ke depan, akan ada berbagai kegiatan dan program lain yang memerlukan dukungan aktivitas kehumasan. 

“Kegiatan masing-masing ILUNI UI sangat banyak, kita harus tahu bagaimana menyampaikannya kepada publik. Jadi kita butuh memahami langsung dari para pelaku industri PR,” jelasnya. 

Senada dengan Andre, Ketua Umum APPRI Jojo S Nugroho mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini mengundang para pakar dan praktisi di bidang kehumasan yang diantaranya bergabung dengan APPRI. Selama enam pertemuan, para peserta mempelajari Strategic Public Relations, Media Handling, Digital Public Relations, Issue & Crisis Management, Public Speaking, hingga Case Study Sharing bersama Kementerian ESDM. 

Baca juga : Perkuat Kemajuan Industri Keuangan, APEI Dan Ajaib Gelar Turnamen Golf

“Kami berharap dapat kembali mengadakan kegiatan serupa dan lebih banyak yang bisa ikut karena ternyata ilmu dan skill kehumasan masih sangat dibutuhkan mereka yang bergerak di perusahaan maupun organisasi,” jelas Jojo.

Selain kegiatan training, upaya meningkatkan kepercayaan dari publik pun salah satunya diraih melalui partisipasi dan penghargaan pada PR Indonesia Awards (PRIA) 2022. Dalam perhelatan penghargaan PRIA 2022 di Semarang itu, ILUNI UI berhasil meraih dua penghargaan untuk perguruan tinggi dalam ajang penghargaan PRIA 2022. Penghargaan silver didapatkan dari sub-kategori Digital PR melalui program Konser 7 Ruang dan bronze sub-kategori aplikasi untuk aplikasi UI Connect.

Andre berharap, dengan kegiatan training dan penghargaan ini, ke depan ILUNI UI mampu lebih menjangkau para pemangku kepentingan. ILUNI UI juga berkomitmen untuk dapat terus membuat program dan kegiatan yang lebih menarik minat dan memberi manfaat luas. Selain itu, pemberitaan dan publikasi juga lebih masif agar semakin banyak yang mengetahui dan mendapat manfaat.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Lulusan, USAHID Tekan MoU Dengan Media

“Hal ini merupakan apresiasi tinggi terhadap kinerja dari ILUNI UI Meski ILUNI adalah organisasi untuk alumni UI, banyak program dan kegiatan kami yang juga menyasar masyarakat. Harapannya ke depan semakin banyak yang tahu dan berpartisipasi dalam kegiatan ILUNI UI,” tutupnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.