Dark/Light Mode

Sebelum Mudik Naik Pesawat, Isi e-HAC Dulu....

Senin, 11 April 2022 06:30 WIB
eHAC Indonesia. (Foto: Google Play)
eHAC Indonesia. (Foto: Google Play)

 Sebelumnya 
“Ini dapat mempermudah masyarakat dan petugas di lapangan menjalani proses pengecekan kelayakan perjalanan,” ujar @SaguKeju8.

Akun @UdaraPagi9 mengatakan, syarat pengisian e-HAC untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pengecekan kelayakan perjalanan oleh petugas. “Jadi, tidak terjadi penumpukan antrean penumpang saat pemeriksaan.

“Selain perjalanan udara, aturan pengisian e-HAC juga direncanakan jadi syarat untuk transportasi darat dan laut pada masa mudik hingga libur Lebaran,” kata @Playerunknow.

Baca juga : Jumlah Pemudik Diprediksi Naik, Tapi Jumlah Pesawat Malah Menurun

Menurut @manowar7007, aturan pengisian e-HAC tidak diwajibkan bagi anak berusia 6 tahun ke bawah.

“Mereka dibebaskan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib melakukan tes antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan,” katanya.

“Pengalaman di Bandara Semarang, pemeriksaan e-HAC ketat banget. Tapi, saat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta bebas,” ujar @Dian_nuring.

Baca juga : Deltacron Masih Dipantau Nih...

“Ya betul, Bandara Semarang ketat banget, betul-betul diperiksa layak terbang atau tidak. Begitu sampai bandara Jakarta bablass,” timpal @Narita_nurindah.

Bahkan, kata @Blaxpandaz, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta tidak pernah dicek sudah vaksin booster atau mengisi e-HAC. Terpenting, sudah punya tiket dan KTP bisa terbang.

“Apakah e-HAC juga berlaku untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)?” tanya @Gkaniasiermans. “Mulai 5 April sudah tidak perlu lagi mengisi e-HAC untuk PPLN,” jawab @lilimasse.

Baca juga : Bocah Nyelinap Naik Pesawat Tanpa Tiket

Namun, lanjut @lilimasse, bagi PPLN tetap harus tes PCR sebelum keberangkatan. Saat tiba di Indonesia sudah tidak perlu lagi tes Covid-19, asalkan tidak ada gejala Covid-19 seperti suhu tubuh harus di bawah 37,5 derajat. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.