Dark/Light Mode

Sebelum Mudik Naik Pesawat, Isi e-HAC Dulu....

Senin, 11 April 2022 06:30 WIB
eHAC Indonesia. (Foto: Google Play)
eHAC Indonesia. (Foto: Google Play)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukan cuma tes antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR), pengisian electronic Health Alert Card (e-HAC) menjadi syarat mudik menggunakan transportasi udara mulai 5 April 2022.

Persyaratan ini merupakan tindak lanjut penerbitan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Pandemictalks mengunggah meme berkaitan dengan penggunaan e-HAC sebagai syarat perjalanan mudik. Disebutkan, beberapa syarat kelayakan terbang.

e-HAC jadi syarat mudik naik pesawat

Baca juga : Jumlah Pemudik Diprediksi Naik, Tapi Jumlah Pesawat Malah Menurun

Antara lain, pemudik dengan jenis transportasi udara yang telah melakukan vaksin dosis ketiga atau booster tidak diwajibkan melakukan tes Covid-19, baik antigen maupun tes PCR.

Kemudian, pemudik yang baru vaksin lengkap atau dua dosis wajib menyertakan hasil negatif antigen yang berlaku 1x24 jam dan tes PCR 3x 24 jam. Selanjutnya, pemudik yang baru vaksin satu kali wajib menunjukkan tes PCR maksimal 3 x24 jam.

Sedangkan pemudik dengan komorbid yang tidak dapat melakukan vaksinasi harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit dan hasil tes PCR maksimal 3x24 jam.

Baca juga : Deltacron Masih Dipantau Nih...

Terakhir, pengisian e-HAC tidak diwajibkan bagi anak-anak berusia di bawah 6 tahun yang juga bebas vaksinasi dan tes Covid-19.

“Sudah layakkah dirimu untukku, eh untuk terbang mudik maksudnya,” tulis Pandemictalks dalam captionnya.

Akun @makejoy22 menjelaskan, dalam pelaksanaanya, petugas di bandara akan memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC atau yang telah diisi oleh para pemudik sehari sebelum tanggal keberangkatan atau sebelum melakukan check-in.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.