Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komitmen Multi-Pihak Implementasikan SDGs Melalui Pendekatan Yurisdiksi Di Tanah Papua

Rabu, 20 April 2022 15:48 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara pada sesi kesimpulan, salah satu tokoh muda Papua Henderite L. Ohee, menyampaikan, modal besar Papua adalah kekayaan Sumber Daya Alam alias SDA-nya. Untuk mengelola sumber daya besar tersebut, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang dapat mengawal perencanaan, implementasi dan pengasawasan SDGs.

Baca juga : Covid Masih Ada, Pemerintah Ingatkan Halal Bihalal Lebaran Kudu Terapkan Prokes

"Kemudian dalam melakukan proses tersebut, perlu pelibatan kelompok masyarakat adat juga yang tidak kalah penting mengakomodir nilai nilai masyarakat adat," bebernya.

Baca juga : Gaet Multipihak, BKSDA Sumsel Kawal Penyediaan Koridor Gajah Sumatera

Menjelang penghujung acara, Direktur Eksekutif DIPI Prof. Jatna Supriatna menyampaikan perlunya inovasi yang siap dan dapat diimplementasikan untuk membangun skema pendanaan besar untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan. "Di antaranya alokasi untuk penelitian dan pengembangan dari berbagai pihak," tuturnya.

Baca juga : Mulai 5 April 2022, AP I Implementasikan Persyaratan Penerbangan Domestik Terbaru

Kemudian Prof Jatna juga menyinggung perlu adanya collective action dari seluruh stakeholder untuk saling melengkapi, bekerja sama dalam memajukan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan yurisdiksi untuk mencapai target SDGS di tanah Papua. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.