Dark/Light Mode

Bukan Programnya, KPK Sebut Baliho Firli Bahuri Nggak Pake Anggaran Kelembagaan

Rabu, 20 April 2022 19:55 WIB
Baliho Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Twitter)
Baliho Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan, dua baliho yang menampilkan sosok Ketua KPK Firli Bahuri di Lampung Selatan, Lampung, bukan bagian dari program mereka. Komisi antirasuah memastikan, pendirian baliho tersebut tidak menggunakan anggaran lembaga.

"KPK memastikan pemasangan baliho pesan antikorupsi tersebut tidak menjadi bagian program KPK dan juga tidak menggunakan anggaran KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Rabu (20/4).

Meski begitu, KPK tak keberatan dengan adanya baliho tersebut. Sebab, juru bicara berlatar belakang jaksa itu menyampaikan, pemasangan baliho tersebut merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam mendukung kerja-kerja pemberantasan korupsi.

Baca juga : Ditegaskan Komnas HAM, PeduliLindungi Tak Langgar HAM

"Pesan antikorupsi penting terus digelorakan agar satu sama lain saling mengingatkan untuk menjauhi perilaku-perilaku korupsi," ingatnya.

Disebutkan Ali, peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi tidak hanya melalui penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dalam proses penegakkan hukum.

Tapi juga, ikut terlibat dalam pengawasan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, serta penyampaian pesan-pesan antikorupsi kepada masyarakat.

Baca juga : Topang Perekonomian, Komisi IV Dorong Anggaran Kementan Ditambah

Baliho itu sebelumnya diunggah mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui akun Twitternya, @febridiansyah, Rabu (20/4).

Ada dua baliho yang diunggahnya. Salah satu baliho menampilkan foto Firli Bahuri yang tengah berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berlatar warna dominan merah, baliho tersebut turut menyertakan pesan, "Kita berbakti untuk negeri membebaskan NKRI dari korupsi," berikut jargon, "Berani Jujur Hebat!" khas KPK.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.