Dark/Light Mode

Pra-KTT Y20 Resmi Dibuka, Bahas Peningkatan Kesadaran Keuangan Digital

Minggu, 24 April 2022 21:45 WIB
Pembukaan Pra-KTT ke-2 Youth 20 (Y20) 2022, di Lombok, Sabtu (23/4). (Foto: Antara)
Pembukaan Pra-KTT ke-2 Youth 20 (Y20) 2022, di Lombok, Sabtu (23/4). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Partisipasi pemuda dalam pembangunan bangsa sangatlah penting. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi forum Y20 ini untuk merumuskan ide terbaik bagi pembangunan indonesia dan dunia, khususnya di empat topik yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi," jelasnya.

Hal senada disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dia menekankan bagaimana anak muda Indonesia memiliki peran sebagai agent of change.

Baca juga : Pra-KTT Y20 Bahas Peningkatan Kesadaran Keuangan Digital Anak Muda

“Kita tahu Bill Gates mendirikan perusahaannya saat berumur 19 tahun. Steve Jobs juga mendirikan Apple di umur 21 tahun. Ini menandakan anak muda bagaimana memimpin transformasi digital baik nasional maupun global,” jelas Johnny. “Anak muda zaman sekarang yang lahir dikelilingi oleh digital ekosistem punya peran penting sebagai agent of change dalam lanskap digital saat ini,” tambahnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengapresiasi penyelenggaraan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 ke-2 yang fokus pada transformasi digital ini. Menurut Zul, akumulasi inovasi teknologi dan proses pembelajaran teknologi seringkali luput dari pembahasan terkait pembangunan berkelanjutan.

Baca juga : Brand Choice Award 2022, Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital

“Banyak yang beranggapan, khususnya negara maju beranggapan negara berkembang seperti Indonesia bisa mengejar proses industrialisasi lebih mudah dibandingkan negara maju saat mereka berada di tahap awal industrialisasi. Sayangnya, pembelajaran teknologi bukan tanpa biaya, tidak timeless dan tak otomatis. Perlu upaya serius untuk berdiskusi mengenai hal ini dengan menghadirkan talenta terbaik seperti para pembicara yang hadir malam ini,” imbuhnya. 

Diskusi hari pertama Pra-KTT ke-2 Y20 2022 menghadirkan sejumlah kalangan profesional. Di antaranya Ronny Hutahayan (Chief of Special Projects Pluang), Arianne Santoso (Senior Analyst, Government Affairs and Public Policy Google Indonesia), Chris Agass (Digital Access Program Lead). Turut hadir Akhis R Hutabarat (Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia), serta Leontinus Alpha Edison (Co-founder & Director Tokopedia). 

Baca juga : Mega Diomongin Netizen

Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022 hari kedua berlangsung Minggu (24/4), dengan sub-tema berfokus pada peranan pemuda dalam tata kelola digital. Y20 Indonesia 2022 melaksanakan event Pra-KTT pada empat kota di Indonesia yaitu Palembang pada Maret, Lombok pada April, Balikpapan pada Mei, dan Manokwari pada Juni. Puncak acara event ini adalah pelaksanaan KTT Y20 2022 yang akan dilaksanakan pada Juli di Jakarta dan Bandung. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.