Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ayo Buruan Booster, Jangan Mepet Mau Mudik

Rabu, 27 April 2022 07:05 WIB
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pemudik di Pos Pelayanan Ketupat Lodaya 2022, Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww).
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pemudik di Pos Pelayanan Ketupat Lodaya 2022, Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww).

RM.id  Rakyat Merdeka - Butuh waktu 1-2 minggu untuk membentuk kekebalan tubuh usai vaksinasi Covid-19. Bagi yang mudik, vaksinasi dosis 3 atau booster paling efektif dilakukan jauh-jauh hari. Semakin cepat vaksinasi, semakin baik.

Akun @kemenkes_ri mengunggah meme mudik nyaman keluarga aman. Yaitu, dengan mempercepat vaksinasi dan tidak mepet waktu mudik.

mudik nyaman keluarga aman

Vaksinasi terbukti efektif meningkatkan kadar antibodi, yang juga mengurangi tingkat hospitalisasi dan risiko keparahan akibat infeksi Covid-19. “Jangan mendadak ya, dapat­kan vaksinasi sebelum tanggal keberangkatan mudik,” imbau @kemenkes_ri.

Baca juga : Vaksin Booster Sebelum Mudik Bisa Kerek Imun-Antibodi

Akun @Witri_TheWriter mengatakan, vaksinasi booster disarankan jauh-jauh hari sebelum mudik. Dengan begitu, vaksin memiliki waktu bekerja secara optimal dalam pembentukan antibodi.

“Buruan deh sekarang juga vaksin booster,” timpal @UjangJun1or.

Akun @dishub_jabar mengatakan, vak­sin booster hal yang harus dilakukan sebelum mudik, dan banyak juga efek samping yang dirasakan. Usahakan jangan mepet vaksin booster. Supaya bisa beristirahat dahulu sebe­lum keberangkatan. “Dan perjalanan mudik menjadi nyaman serta aman,” tuturnya.

Baca juga : Jangan Lupa Pakai Masker Medis

Akun @faradilaaa sudah tidak sabar mudik dan bertemu keluarga serta saudara di kam­pung halaman. Soalnya, sudah 2 tahun terakhir tidak bertemu langsung. “Untung sudah vaksin booster dari jauh-jauh hari,” ujarnya.

Akun @dage_ban mengajak masyarakat yang mudik mengikuti protokol kesehatan (prokes). Dia berharap, masyarakat dapat me­mahami pentingnya booster dilakukan sebe­lum berangkat mudik.

“Langkah ini diperlukan untuk mengu­rangi risiko penularan pada kelompok rentan,” ujarnya.

Baca juga : Kakek Rampok Bank Dengan Pistol Mainan

Akun @archa_bella mengatakan, mudik membutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan. Dia mengingatkan, masyarakat yang mau vaksin booster agar tidak mepet-mepet hari mau mudik.

“Kalau badan nggak fit, jadi kurang efektif dong vaksinnya. Bisa-bisa nggak jadi imun, malah meriang. Bisa berabe,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.