Dark/Light Mode

Pesan Jokowi: Yang Naik Kendaraan Pribadi, Hindari Balik Tanggal 6, 7, 8

Selasa, 3 Mei 2022 17:29 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: setkab.go.id)
Presiden Jokowi. (Foto: setkab.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang mudik untuk kembali sebelum hari Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) mendatang. Sebab, tiga hari itu diprediksi sebagai puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak, ibu, dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," ujar Presiden Jokowi saat memberi keterangan di Gedung Agung Istana Yogyakarta, Selasa (3/5).

Baca juga : Pemudik Yang Mau Balik Naik Moda Penyeberangan, Hindari Tanggal 7-8 Mei

Saran lain, para pemudik juga bisa pulang setelah tiga hari itu. Tentu, sesuai dengan izin yang didapatkan dari perusahaan tempat mereka bekerja.

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," tuturnya.

Baca juga : Penumpang Angkutan Umum Terus Meningkat, Kendaraan Pribadi Naik 141 Persen

Jokowi memastikan, pemerintah selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk mengurai kemacetan arus mudik mau pun arus balik. Salah satunya, dengan menerapkan kebijakan ganjil genap, one way atau satu arah, dan larangan truk masuk tol, yang tetap diberlakukan saat arus balik.

"Kebijakan ganjil genap, satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan agar masyarakat tetap nyaman," imbuh mantan Wali Kota Solo itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.