Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alert!! 3 Anak Penderita Hepatitis Akut Misterius Di Jakarta Meninggal

Senin, 2 Mei 2022 13:20 WIB
Alert!! 3 Anak Penderita Hepatitis Akut Misterius Di Jakarta Meninggal

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir, setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia sejak 15 April 2022.

Penyakit ini belum diketahui penyebabnya.

Kewaspadaan itu meningkat setelah tiga pasien anak yang mengalami hepatitis akut misterius itu meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta.

Baca juga : AS Tak Yakin, Covid Jadi Biang Kerok Hepatitis Akut Misterius Pada Anak

Ketiganya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda, dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Pasien tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Dengan keluhan gejala mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran.

Investigasi

Baca juga : Singapura Laporkan Kasus Hepatitis Akut Misterius, Korbannya Bayi 10 Bulan

Saat ini, Kemenkes sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini, melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap.

Sementara Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

“Selama masa investigasi, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, dan menghindari kontak dengan orang sakit. Serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangannya, Minggu (1/5).

Baca juga : Ekonomi Mulai Menggeliat, Kebutuhan Listrik Di Jakarta Raya Melonjak 6,42 Persen

Segera Periksa

Nadia meminta masyarakat, agar segera memeriksakan anak ke layanan kesehatan terdekat, jika memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran.

Sejak secara resmi dipublikasikan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh WHO, jumlah kasus hepatitis akut misterius dilaporkan terus bertambah. Hingga kini, terdapat lebih dari 170 kasus, yang dilaporkan oleh lebih dari 12 negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.