Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Diramal Naik Usai Lebaran

It’s Normal, Jangan Panik!

Sabtu, 14 Mei 2022 06:25 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

 Sebelumnya 
Menurut Wiku, mobilitas masyarakat keluar rumah pada saat Lebaran 2022 sebesar 48,1 persen. Sedangkan mobilitas pada Lebaran di tahun sebelumnya yaitu 3,64 persen. Terjadi peningkatan mobilitas yang cukup tinggi sebe­sar 44,46 persen.

Netizen berharap ramalan atau prediksi Menkes tidak terjadi. Sehingga, kasus Covid-19 di Indonesia tetap terkendali dan bisa segera masuk ke fase endemi.

Akun @drpriono1 yakin kasus Covid-19 pasca Lebaran tidak akan naik signifikan. Sekarang ujian nyata, apakah imunitas penduduk Jawa-Bali dapat menekan risiko lonjakan hos­pitalisasi dan kematian Covid-19.

Baca juga : Lebih Baik Lebay Daripada Abai

“Luar biasa pergerakan penduduk saat mudik, Alhamdulillah. Tidak perlu cemas atau galau dapat berdampak buruk pada pandemi. Kita bersama bisa lulus dari ujian tersebut,” ungkapnya.

Akun @danoonnee mengucap syukur kar­ena kasus Covid-19 setelah libur Lebaran tidak naik. Setidaknya, sampai saat ini tidak ada kenaikan kasus Covid secara signifikan.

“Di kantor saya rutin melakukan tes Covid-19 untuk karyawan. Hasilnya, tidak ada yang positif. Vaksin seefektif itu,” tuturnya.

Baca juga : Bahlil: Jangan Asal Bicara

Akun @puanmaharani_ri mengingatkan masyarakat terus menerapkan protokol kes­ehatan (prokes). Seluruh sarana prokes harus dijalankan baik, sehingga dapat menekan ke­mungkinan peningkatan kasus Covid-19 usai mudik Lebaran.

“Ayo disinfektan, semprotkan di fasilitas umum lagi, gencarkan lagi vaksin hingga booster, jaga prokes, naikkan asupan bergizi,” ajak @YudhiDharmawa14.

Akun @aldmrzh berharap, terkendalinya kasus Covid-19 saat ini bisa dipertahankan. Sehingga, Indonesia tidak lagi mengalami lonjakan kasus Covid pasca libur Lebaran seperti tahun lalu, dan bisa segera masuk en­demi. “Bismillah tetap melandai dan tidak ada lonjakan,” ujarnya.

Baca juga : Lebaran Barengan Aminkan

Akun @rizkahami berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid pasca libur Lebaran. Dia masih terbayang peristiwa tahun lalu, ketika visit di isolasi, kanan kiri isinya banyak pasien Covid-19. Dan kebanyakan nggak dapat oksi­gen atau lagi menunggu waiting list ventilasi.

“Semoga tetap melandai dan semua terkendali dengan baik, aamiin,” timpal @reneyz. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.