Dark/Light Mode

Pamer 6 Foto Dengan Biden

Jokowi Senyumnya Merekah

Sabtu, 14 Mei 2022 06:50 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (13/5/2022). (Setpres)
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (13/5/2022). (Setpres)

 Sebelumnya 
Di foto lain, Jokowi dan Biden ter­lihat mengobrol santai bersama para pemimpin negara ASEAN.

Foto-foto yang diunggah Jokowi itu, mendapat banyak komentar. Sebagian memberikan pujian. “Semangat, Pak. Untuk majukan Indonesia,” kicau @wandystjk. “Sehat selalu Pak Jokowi. Keren presidenku. God bless,” timpal @widodo990.

Baca juga : PDIP: Demo Yang Mau Memakzulkan Jokowi Itu Mewakili Rakyat Mana?

Akun @billray2009 menyebut foto ini menepis isu sehari sebelumnya yang menyebut Jokowi tidak disambut pejabat AS saat mendarat di Washing­ton. “Betapa hebatnya Pak Jokowi di mata dunia tak terkecuali Biden. Pak Jokowi you are simply the best Presi­dent,” pujinya.

Akun @santorinisu ikut memberikan acungan jempol. Kata dia, apa yang di­lakukan Jokowi dalam KTT begitu elegan dan bersahabat. Menghindari konfrontasi langsung. Bahkan Biden memberikan kehormatan kepada Jokowi.

Baca juga : Puan Panen Jempol Dan Cium

“Itulah gaya Jokowi dalam merang­kul semua pihak dan menciptakan sua­sana yang nyaman. Coba perhatikan dua belah tangan mencengkram hangat tangan Pak Jokowi,” ulasnya.

Sebelumnya, kedatangan Presiden Jokowi ke AS yang tak disambut pe­jabat top Negeri Paman Sam menjadi sorotan warganet di Tanah Air. Jokowi hanya disambut Penasihat Khusus un­tuk Kepala Protokol AS, Asel Roberts.

Baca juga : Pecah Rekor, 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Menanggapi berbagai gunjingan itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan klarifikasi. Kata dia, ti­dak adanya pejabat tinggi AS yang menyambut karena bukan kunjungan bilateral. Namun, untuk menghadiri ASEAN-US Special Summit.

Menurut Retno, hal ini juga berlaku saat Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob tiba di Amerika Serikat. Kemudian Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính. Mereka dijemput oleh peja­bat yang sama, yaitu Asel Roberts. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.