Dark/Light Mode

2 Komisioner KPK Maju Lagi, Alexander Marwata Positif Daftar, Satunya Lagi Siapa?

Kamis, 4 Juli 2019 17:51 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata kembali mencalonkan diri sebagai calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Saya mendaftarkan diri atas dorongan dan dukungan sejumlah pihak, serta untuk menjaga keberlanjutan program pemberantasan korupsi yang sedang berjalan," tutur Alex, Kamis (4/7).

Pencalonan Marwata ini, membenarkan pernyataan Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK Yenti Ganarsih, yang menyebut ada dua komisioner komisi antirasuah yang kembali maju. Lalu, siapa satunya lagi?

Baca juga : Resmi Ditutup, Pendaftaran Capim KPK Tak Akan Diperpanjang

Diketahui, selain eks hakim adhoc Pengadilan Tipikor itu, empat komisioner KPK lainnya adalah Agus Rahardjo, Saut Situmorang, Basaria Panjaitan, dan Laode M. Syarif.

Agus Rahardjo dan Saut Situmorang ,bulan lalu sudah memastikan tak akan maju lagi. "Insya Allah, saya tidak maju lagi. Memberi kesempatan kepada yang lebih kompeten untuk memimpin KPK," kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis (13/6).

"Saya nggak. Saya mau main-main. Mau naruh mobil di jalan," tutur Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

Baca juga : Usai Digarap KPK, Wagub Lampung Senyam-senyum

Saut malah mendorong ketiga koleganya yakni Alex, Syarif dan Basaria untuk maju kembali. "Saya calonkan lagi Pak Laode, Bu Basaria sama Pak Alex," tuturnya.

Dikonfirmasi kemarin, Rabu (3/7), Laode M. Syarif mengaku masih galau. "Lagi masih galau, masih pikir-pikir sampai sekarang belum mendaftar," seloroh Syarif di Golden Ball Room, The Sultan Hotel, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Selain dua komisioner, ada delapan orang pegawai komisi antirasuah yang mengikuti seleksi Capim. Tiga di antaranya adalah Deputi Pencegahan KPK sekaligus Plt Sekjen KPK Pahala Nainggolan, Penasehat KPK Mohammad Tsani Annafari, serta Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.