Dark/Light Mode

Digadang-gadang Jadi Capres, Andika Girang Banget

Jumat, 27 Mei 2022 07:19 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Anggota Komisi III DPR itu mengklaim, Imin-Andika merupakan pasangan komplet. "Kami setuju jika Pak Andika bersanding menjadi wapresnya Gus Muhaimin. Pantes banget, TNU (Tentara Nahdlatul Ulama) dan TNI. Sama nasionalis hijau, pasangan sipil-militer," sebut Wakil Ketua MPR tersebut.

Sebelumnya, nama Andika dipasangkan dengan Ketua DPR Puan Maharani. Keduanya dianggap cocok dan saling melengkapi untuk maju di Pilpres 2024.

Baca juga : Digadang-gadang Jadi Capres 2024, Andika Tetap Cool

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno tak heran melihat hal ini. Menurutnya, Andika merupakan rising star di bursa capres 2024. "Newcomer yang rising star. Menariknya, semakin Andika menghindari bicara politik, malah semakin menyeret Andika ke dalam urusan Pilpres 2024," ulas Adi.

Adi menyebut, nilai jual Andika tinggi karena seorang pemimpin dari institusi yang paling disukai masyarakat. Terlebih, Andika punya aura kepemimpinan dengan latar pendidikan mentereng.

Baca juga : Cak Imin Mimpi? Bangun Dong

"Andika jadi debutan politik yang relatif digandrungi partai politik. Posisinya sebagai Panglima TNI tentu jadi magnet utama. Aura kepemimpinannya juga mulai terlihat dari banyak gelar di depan maupun belakang namanya," paparnya.

Lalu, bagaimana peluang Andika? Direktur Eksekutif Parameter Indonesia itu membeberkan siklus RI-1 beberapa tahun terakhir. Dia bilang, watak pemilih di Indonesia itu perindu. Karenanya, militer dan sipil akan terus bergantian.

Baca juga : Pilpres 2024, Andika Dan BG Diramal Jadi Kuda Hitam

"Waktu SBY mau berakhir jabatannya di periode kedua, publik merindukan sosok pemimpin sipil. Maka Jokowi jawabannya dari sipil. Setelah Jokowi berakhir di 2024, publik juga menyambut baik dari kalangan militer, seperti Andika," tutur dia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.