Dark/Light Mode

Kesandung Restu Ketum

Sandi-Ganjar Senasib

Senin, 30 Mei 2022 07:19 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tidak adanya jawaban itu, kata Adi, menjadi sinyal kalau Prabowo masih menimbang apakah dirinya akan maju kembali sebagai calon presiden. Prabowo, kata Adi, juga sedang memperhitungkan apakah partainya akan mengusung Sandiaga.

"Itu artinya, Prabowo sedang menghitung betul soal plus minus jika ikut tanding pilpres yang ke sekian kalinya. Di sinilah peluang Sandi sangat mungkin bisa diusung Gerindra," ujarnya.

Baca juga : Jessica Mila, Kantongi Restu Otto Hasibuan

Nasib yang dialami Sandi, juga dialami Ganjar. Meskipun punya elektabilitas yang tinggi, Gubernur Jawa Tengah itu bakal terganjal di internal PDIP. Apalagi, mayoritas elit banteng, lebih menjagokan Ketua DPR, Puan Maharani ketimbang Ganjar. Padahal, di akar rumput, Ganjar memiliki banyak relawan yang tersebar di berbagai daerah. Termasuk, relawan yang sebelumnya menjadi pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menyebut Sandi dan Ganjar senasib, karena bisa tak direstui ketua umumnya masing-masing. Menurutnya, hal ini lumrah dalam politik. "Jika pemilik partai nyalon atau punya calon sendiri, maka yang lain harus minggir," cetusnya saat dihubungi, tadi malam.

Baca juga : Kepincut Konsep Smart City, Finlandia Tertarik Berinvestasi Di IKN

Meski demikian, Ujang menilai Ganjar masih lebih beruntung ketimbang Sandi. Elektabilitasnya yang tinggi, membuat Ganjar punya daya tarik bagi partai-partai lain. Bahkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN dan PPP, berpeluang besar untuk melamar Ganjar sebagai capres.

“Peluang Ganjar untuk nyapres sangat terbuka, tapi bukan dari PDIP. KIB kemungkinan besar akan mengusung Ganjar,” kata Ujang.

Baca juga : Gandeng Ketum PP Muhammadiyah, Sinar Mas Wakafkan Ribuan Alquran

Apa tanggapan parpol soal ini? Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya tetap solid mendukung Prabowo di 2024. Bahkan, partai berlambang Garuda itu berencana melakukan deklarasi nasional, mengusung Prabowo. "Kita di internal mendorong pak Prabowo untuk ditetapkan secara internal menjadi calon presiden, kalau secara nasional pasti ada, tapi kapannya kita belum tahu," ungkap Dasco.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.