Dark/Light Mode

Pimpin Upacara Harlah Pancasila Berbaju Adat Ende

Jokowi Ajak Anak Muda Bumikan Pancasila

Rabu, 1 Juni 2022 09:30 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: YouTube BPIP)
Presiden Jokowi. (Foto: YouTube BPIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi  memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/6). 

Ini kali perdana upacara Peringatan Harlah Pancasila dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta. Jokowi juga Presiden RI pertama yang pernah ke Ende setelah Bung Karno. 

Sebelum menuju ke Lapangan Pancasila Ende, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno. Jokowi tampak menelusuri setiap sudut rumah di Jalan Perwira itu. 

Jokowi lantas ke Lapangan Pancasila menjadi Inspektur Upacara. Presiden didampingi Ibu Negara, Panglima TNI, Pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gubernur NTT, dan Bupati Ende. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo membaca naskah Pancasila, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah UUD 1945, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin doa. Adapun komandan upacara kali ini yakni Kolonel Inf Tunjung Setyabudi, Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

Baca juga : Presiden Akan Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila Di NTT

Presiden mengenakan pakaian adat Ende yakni Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam. Sedangkan Ibu Iriana Jokowi memakai kain motif Ende berwarna ungu tua.

Dalam amanatnya, Jokowi mengajak anak muda bangsa untuk membumikan Pancasila. "Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutur Presiden. 

Dari kota bersejarah, tempat Sang Proklamator Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, Kota Ende, Presiden menyebut Pancasila bukan hanya mempersatukan masyarakat, melainkan menjadi bintang penuntun ketika bangsa menghadapi ujian. 

Hal itu telah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara karena masyarakat berlandaskan Pancasila. Presiden mengingatkan masyarakat harus betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan untuk mewujudkan sistem masyarakat, kebangsaan, dan kenegaraan. 

Jokowi meminta, agar ada implementasi tata kelola pemerintahan yang menjiwai interaksi sesama anak bangsa.

Baca juga : Ende Rindu Jokowi

"Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah," kata Presiden.

Jokowi menjelaskan situasi dunia masih diliputi pandemi Covid-19 dan krisis energi, pangan, kemiskinan, serta perang.

Oleh karena itu, sebagai pemegang mandat Presidensi G20 pada tahun 2022, Indonesia mengajak seluruh negara maju untuk membangun sistem kesehatan global yang bisa menghadapi krisis pada masa depan.

"Tentu perlu tata kelola sehat dan berperikemanusiaan dan berperikeadilan," katanya.

Pada akhir amanatnya, Presiden mengajak seluruh pemimpin pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pemimpin lain untuk menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila.

Baca juga : Perlu Cara Cerdas Bumikan Pancasila

"Memperkokoh nilai Pancasila, mewujudkan Indonesia maju dan cita-cita proklamasi kemerdekaan," ucap Jokowi. 

Usai upacara, Presiden dan rombongan menyusuri jalan kota. Ribuan warga menyemut dan histeris. Tampak petugas keamanan kewalahan menertibkan warga saat Jokowi membagi-bagikan kaos dari dalam mobil kepresidenan. Adapun siaran keseluruhan upacara bisa disaksikan di kanal YouTube BPIP. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.