Dark/Light Mode

Doakan Keselamatan Eril, Perkumpulan Santri Pasundan Gelar Pembacaan Qunut Nazilah

Rabu, 1 Juni 2022 16:44 WIB
Doa bersama dan pembacaan qunut nazilah yang digelar Perkumpulan Santri Pasundan untuk keselamatan Emmeril Kahn Mumtadz. (Foto: Istimewa)
Doa bersama dan pembacaan qunut nazilah yang digelar Perkumpulan Santri Pasundan untuk keselamatan Emmeril Kahn Mumtadz. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan Santri Pasundan menggelar pembacaan doa qunut nazilah untuk keselamatan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, yang tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5). Doa bersama itu digelar di Kantor PP Perkumpulan Santri Pasundan, Bandung, Selasa (31/5).

Wakil Ketua Umum PP Perkumpulan Santri Pasundan Alek Kunkun Syafiyudin bertindak sebagai imam shalat yang sekaligus memimpin membacakan doa qunut nazilah. Dalam khutbah singkatnya di hadapan para pengurus PP Perkumpulan Santri Pasundan, dia menyampaikan, dalam ajaran Islam, tujuan membaca doa qunut nazilah adalah untuk meningkatkan amalan sekaligus meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT agar terhindar dari bala, musibah, atau bencana.

Baca juga : Penyelamatan Keanekaragaman Hayati Bukan Hanya Tugas Pemerintah

“Rasulullah SAW dikisahkan membaca doa qunut nazilah saat kaum Muslim mengalami musibah,” tuturnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Rabu (1/6).

Dia melanjutkan, musibah yang menimpa Eril, sapaan akrab Emmeril, sudah menarik perhatian dan empati masyarakat secara luas. Berbagai ungkapan rasa simpati mengalir dari berbagai elemen di negeri. “Sudah sepantasnya kita sebagai umat Islam memberikan doa terbaik sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah,” tambahnya.

Baca juga : Jakpro Pamerkan Replika Mobil Formula Di Bundaran HI

Alek merasa, penting bagi Perkumpulan Santri Pasundan penting menggelar doa qunut nazilah, karena Ridwan Kamil adalah seorang Muslim sekaligus Gubernur Jawa Barat. Kesehatan, keselamatan, dan ketegaran Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dan keluarga sangat berpengaruh pada urusan pelayanan publik yang telah menjadi tanggung jawab dan kewajibannya sebagai gubernur.

“Karena itu, kita sebagai masyarakat, khususnya umat Muslim, sudah seharusnya dapat mendoakan beliau yang sekarang sedang kena musibah. Agar beliau senantiasa mendapat keselamatan dan ketegaran batin hingga beliau dapat segera kembali beserta keluarga ke Tanah Air dengan selamat,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.