Dark/Light Mode

Terkait Konvoi Khilafah

Polisi Tangkap Bos Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja Di Lampung

Selasa, 7 Juni 2022 09:47 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E iZulpan. (Foto: Ist)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E iZulpan. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kelompok ini mempunyai ribuan pengikut yang tersebar di berbagai wilayah nusantara, dan terbagi menjadi 4 zona daulah.

Yaitu, Daulah Indonesia Timur, yang membawahi 9 amir wilayah. Yakni, Flores, Bima, Bima Kota, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Makassar, Jawa Tengah dan Surabaya Raya. Lalu, Daulah Jawa yang membawahi wilayah Amir Wilayah Jakarta, Bekasi Raya, Priangan, Karawang dan Cirebon Raya. 

Baca juga : Awas, Khilafatul Muslimin Bakal Utak-atik Pancasila

Berikutnya, Daulah Wilayah Sumatra yang membawahi Amir Wilayah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pringsewu, Aceh Sumut, Andalas, Lampung Pesisir dan Sumsel. Dan terakhir, Daulah Borneo yang meliputi Balikpapan, Banjarmasin, dan Tarakan. 

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini juga menjelaskan, para pemimpin Khilafatul Muslimin adalah sempalan dari NII pimpinan Panji Gumilang alias Abu Toto, NII Non Teritorial seperti Ring Banten, serta sempalan dari Jemaah Islamiyah pimpinan Abu Bakar Baasyir.

Baca juga : BNPT Ajak Masyarakat Perkuat Kesadaran, Waspadai Khilafatul Muslimin

Sedangkan, Abdul Qadir Hasan Baraja yang dinyatakan resmi diangkat pada 18 Juli 1997 melalui Maklumat Khilafatul Muslimin bersama (Alm) Abdul Fatah Wiranagapati mantan imam NII atau Panglima Perang Tertinggi NII, membangun organisasi Khilafatul Muslomin dan pernah dipenjara atas kasus Teror Warman dan Bom Borobudur pada 1985. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.