Dark/Light Mode

Pamornya Jalan Di Tempat

Prabowo Lampu Kuning

Jumat, 10 Juni 2022 07:43 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (depan) saat berkunjung ke Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Putu/RM)
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (depan) saat berkunjung ke Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Putu/RM)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani juga sudah memastikan, Prabowo tetap akan maju menjadi calon presiden pada pemilihan umum 2024. Ia menepis anggapan yang menyebut Prabowo akan menjadi king maker di 2024.

"Beliau adalah calon Presiden RI dalam Pilpres 2024, yang akan maju dan diusung Partai Gerindra," kata Muzani, dalam rekaman video.

Baca juga : Mega Sehat, Tapi Jaga Keseimbangan

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, elektabilitas Prabowo sebenarnya masih tinggi. Namun, cenderung stagnan dan turun. Kondisi ini seharusnya menjadi warning bagi Gerindra. Apalagi, Ganjar, yang menjadi calon terkuat saat ini, sepertinya mendapat dukungan dari Jokowi.

Dengan kondisi ini, kata dia, Gerindra sebaiknya menimbang ulang untuk ngotot mencalonkan Prabowo. "Kalau Jokowi memberikan dukungan ke Ganjar, artinya peluang menang dari Prabowo itu kecil. Karena yang dilawan itu Presiden," jelasnya.

Baca juga : Hana Hanifah, Diduga Promosi Judi Online

Ujang paham, kalau Prabowo tak nyapres, Gerindra akan rugi. Dengan Pilpres yang digelar bareng Pileg, maka parpol yang tidak punya calon bakal kehilangan suara. Pada Pemilu 2019, Gerindra mendapat limpahan suara besar karena mengusung Prabowo sebagai capres.

"Jadi, kalau Gerindra tidak mencalonkan Prabowo, ya harus berjuang keras dalam Pilegnya," tuturnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.