Dark/Light Mode

Kick Off Uji Klinis Tahap 3

Erick: BUMN Siap Produksi Massal Vaksin Covid

Jumat, 10 Juni 2022 06:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat menghadiri kick off uji klinis vaksin Covid-19 tahap III, di Semarang, Jawa Tengah, kemarin. (Foto : Tangkapan layar YouTube BPOM).
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat menghadiri kick off uji klinis vaksin Covid-19 tahap III, di Semarang, Jawa Tengah, kemarin. (Foto : Tangkapan layar YouTube BPOM).

 Sebelumnya 
"Hari ini menjadi momentum bersejarah, karena, perlahan tapi pasti, Indonesia siap mengurangi ketergantungan atas produk farmasi dan bioteknologi pada bangsa lain. Inilah wujud negara hadir dalam memberikan akses yang merata untuk ketahanan kesehatan," ungkap dia.

Kata Erick, krisis pengadaan vaksin di awal pandemi mengharuskan Indonesia merefleksi kembali kekuatan di sektor kesehatan dan bioteknologi. Hal ini merupakan isu multidimensi yang juga berpengaruh pada ketahanan nasional. Untuk itu, BUMN sangat serius membangun basis bioteknologi yang mutakhir demi menunjang sistem kesehatan nasional dan mencegah kembali terjadinya pandemi.

Baca juga : Erick: Vaksin Covid BUMN Siap Diproduksi Massal, Bahannya Dijamin Halal

"Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine untuk pengembangan seed dan proses skala kecil. Sisanya, Bio Farma melakukan hampir seluruh proses pengembangan dari hulu ke hilir, mulai dari formulasi hingga uji klinis," sambung Erick.

Erick berharap, kolaborasi yang selama ini terjalin dapat terus berjalan guna menekan tingkat ketergantungan akan impor bahan baku obat (BBO). Erick mendorong BUMN farmasi terus berinovasi dengan menyediakan herbal sebagai alternatif dan pelayanan medis yang berkualitas.

Baca juga : Jokowi Minta Ganjar-Erick Penuhi Sarana Produksi Petani

"Kita tidak mungkin membiarkan bangsa kita terus menerus berobat di luar negeri. Bio Farma harus meningkatkan fasilitas. Selain untuk kebutuhan vaksin, juga meningkatkan fasilitas lain, mumpung sekarang pandemi sedang menurun. Jangan sampai kota kocar-kacir seperti saat awal menghadapi pandemi lalu," ucap Erick.

Erick juga mengajak masyarakat memberikan kepercayaan pada BPOM, Bio Farma, dan Kemenkes dengan melakukan vaksin jika sudah lolos uji klinis. "Insya Allah, bahan yang digunakan halal dan baik. BPOM dan Bio Farma juga memiliki rekam jejak yang sangat baik. Proses pengembangan vaksin ini juga dikerjakan oleh anak bangsa yang berpengalaman," tambah Erick.

Baca juga : Unit Pelaksana Teknis Kementan Siap Produksi Vaksin PMK

Acara kick off uji klinis fase 3 juga dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny K Lukito, Dirut PT Bio Farma Honesti Basyir, dan Rektor Undip Yos Johan Utama. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.