Dark/Light Mode

Bahlil Teriak Lanjutkan

Jokowi: Hati-hati! Nanti Saya Didemo

Sabtu, 11 Juni 2022 07:51 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
"Paten kali kalian. Ini untuk kebaikan rakyat, bangsa dan negara," tutup Bahlil, yang disambut tepuk meriah. Mendapat ajakan yel-yel itu, Surya Paloh hanya senyum-senyum.

Mendengar hal ini, Jokowi tidak marah. Namun, Jokowi mengingatkan Bahlil dan HIPMI agar berhati-hati. Sebab, gara-gara seruan ini, dirinya bisa didemo besar-besaran lagi seperti beberapa waktu lalu saat ramai wacana tiga periode yang didengungkan para politisi.

Baca juga : Bos Hipmi Teriak Lanjutkan, Lanjutkan, Jokowi Bilang Begini...

"Tadi banyak yang sampaikan, lanjutkan, lanjutkan. Hati-hati, ini tahun politik! Bapak/Ibu yang sampaikan lanjutkan, lanjutkan, saya yang didemo," kata Jokowi, yang disambut tawa dan tepuk tangan para peserta.

Jokowi lalu menceritakan soal demo imbas wacana tiga periode. "Kejadiannya sudah terjadi. Pertama yang sampaikan Pak Menteri Investasi. Karena alasan ini, ini, ini, lanjutkan, besoknya, nggak ada sehari, saya didemo besar-besaran. Lho, yang ngomong bukan saya, yang didemo saya. Demo dong Pak Bahlil," kelakar Jokowi.

Baca juga : Lestari Tekankan Kolaborasi Hadapi Ancaman Multi Bencana

Meski begitu, Jokowi tak berburuk sangka ke Bahlil dan HIPMI soal kata “lanjutkan”. Dia memaknai teriakan itu agar program dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah saat ini bisa dilanjutkan di periode berikutnya. Tak masalah siapa pun pemimpinnya kelak di 2024.

"Pemimpinnya siapa pun, terserah, tapi yang dilanjutkan programnya. Supaya ada kontinuitas. Jangan sampai pemimpin satu sudah mengerjakan, tak dikerjakan pemimpin selanjutnya. Itu yang bahaya," ucap Jokowi.

Baca juga : Terima Kunjungan Menlu Saudi, Jokowi Bahas Haji Hingga Ekonomi

Jokowi lalu mengibaratkan pembangunan itu seperti jenjeng sekolah. Setiap periode, harus ada keberlanjutan. "Dan selalu kalau seperti itu, mulai terus dari TK, sudah ke SMP, mulai dari TK lagi. Kapan kita sampai ke lulus universitas," ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.