Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unggah Meme Candi, Roy Suryo Kena Batunya

Rabu, 15 Juni 2022 06:50 WIB
Roy Suryo. (Foto : Istimewa).
Roy Suryo. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Roy Suryo sedang menjadi bulan-bulanan. Penyebabnya, mantan Menpora yang juga pengamat telematika ini, mengunggah dua foto stupa Candi Borobudur yang wajahnya diedit mirip Presiden Jokowi. Banyak pihak geram dengan ulah Roy. Polri pun turun tangan mengusut pihak yang mengedit foto itu.

Roy Suryo mengunggah foto itu di akun Twitternya, @KRMTRoySuryo2, Jumat (10/6). Namun, unggahan itu baru ramai dibahas publik, kemarin.

Dalam unggahan tersebut, Roy menyinggung wacana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur jadi Rp 750 ribu. Ada dua meme yang diunggah mantan kader Partai Demokrat ini.

Baca juga : Dituding Membeo China, Kepala HAM PBB Didesak Mundur

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari Rp 50 ribu) ke Rp 750 ribu yang (sudah sewarasnya) ditunda itu, banyak kreativitas netizen mengubah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu. Lucu. Hehehe. Ambyar," cuit Roy.

Setelah cuitan ini ramai dan banyak dihujat banyak orang, Roy lalu menghapusnya. Dia pun berusaha “cuci tangan” dengan menyatakan bahwa meme stupa itu, sudah ada sebelum dirinya mengunggah ke Twitter.

"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi dan dianggap 'mengedit' karena ketidakpahamannya, maka postingan tersebut saya drop, case close," ucapnya.

Baca juga : Bahlil Optimis RI Jadi Produsen Baterai Listrik Dunia

Dia lalu membeberkan akun yang disebutnya sudah mengunggah duluan meme stupa itu. "Jelas-jelas sudah ada dua akun asli pengunggah sebelumnya,” tulisnya.

Menyikapi kehebohan ini, Polri pun turun tangan. Polri akan mengusut kasus ini. Saat ini, Korps Bhayangkara sedang melakukan pendalaman apakah ada unsur penghinaan yang dilakukan Roy terhadap simbol negara dan juga agama Buddha dalam foto yang diunggah Roy itu.

"Sedang didalami dan profiling oleh Siber," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.