Dark/Light Mode

Layanan Kesehatan Bagi Jemaah Haji Bukan Kaleng-kaleng

Rabu, 15 Juni 2022 20:25 WIB
Kantor Kesehatan Haji Indonesia  memiliki 250 tempat tidur jika ada jemaah yang perlu dirawat. (Foto Ist)
Kantor Kesehatan Haji Indonesia memiliki 250 tempat tidur jika ada jemaah yang perlu dirawat. (Foto Ist)

 Sebelumnya 
Jemaah haji dapat dirujuk ke IGD KKHI oleh Tenaga Kesehatan Haji (TKH) yang berada di kloter maupun petugas yang bertugas di sektor. Meski tidak menutup kemungkinan, dalam keadaan urgen, pasien langsung di bawa ke KKHI.

Setelah dilakukan observasi, apabila masih dibutuhkan perawatan lebih lanjut, pasien akan dipindahkan ke ruang rawat inap, yang dilakukan pemisahan antara rawat inap pria dan rawat inap wanita.

Baca juga : Perkuat Layanan Purna Jual, Honda Buka Dealer Di Tomohon

KKHI juga memiliki ruang rawat untuk kasus berat, ruang High Care Unit (HCU), ruang Intensive Care Unit (ICU), ruang operasi, dan layanan penunjang medis. Total, 250 tempat tidur yang disiapkan di KKHI Mekah.

Dokter spesialis bekerja berdasarkan kompetensinya, dan proses konsultasi ke dokter spesialis, tidak mengganggu kecepatan pemberian terapi.

Baca juga : Daker Makkah Bersiap Sambut Jemaah Haji Dari Jeddah

Ada 12 keahlian dokter spesialis yang diterjunkan ke KKHI Mekkah, termasuk dokter spesialis mikrobiologi klinik. Layanan lainnya termasuk pelayanan di poli gigi, ruang perawatan psikiatri. Termasuk juga layanan penunjang seperti radiologi, gizi, farmasi, laboratorium, serta bimbingan dan penyuluhan kesehatan serta konsultasi kesehatan.

Analis Kesehatan KKHI Mekkah, Ahmad Yusri Zulkifli menuturkan pemeriksaan laboratorium di KKHI sudah meliputi pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan kimia klinik, pemeriksaan elektrolit, pemeriksaan analisa gas darah.

Baca juga : Anggaran Kesehatan Jadi Bancakan Pemda

“Pemeriksaan kimia darahnya pun lengkap. Ada kolesterol, fungsi jantung, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah di KKHI,” tuturnya.

Dukungan SDM KKHI Mekah terdiri dari 145 petugas kesehatan dan dibantu 106 Tenaga Pendukung Kesehatan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.