Dark/Light Mode

Mulai Keliling Bos Parpol

Ketua MPR Safari Politik Nih

Minggu, 3 Juli 2022 06:40 WIB
Ketua MPR, Bambang Soesatyo Silaturahmi dengan Pengurus Pusat Partai Nasdem. (Foto : Dok. MPR).
Ketua MPR, Bambang Soesatyo Silaturahmi dengan Pengurus Pusat Partai Nasdem. (Foto : Dok. MPR).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR, Bambang Soesatyo ikut cari panggung di tengah meningkatnya suhu politik jelang Pemilu 2024. Bersama pimpinan MPR lainnya, Bamsoet-begitu dia disapa, mulai keliling ketemu bos-bos parpol. Safari politik juga nih, Pak?

Untuk gebrakan pertama, Bamsoet cs mendatangi 2 bos parpol dari koalisi pendukung pemerintah. Mereka adalah Ketua Umum PPP, Soeharso Monoarfa dan Ketum NasDem, Surya Paloh.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro 24 Juni, Cek Di Sini Lokasinya

Bamsoet tiba lebih dulu di markas PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat pagi. Dia tak sendiri. Ia didampingi empat wakil ketua MPR yaitu Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, dan Hidayat Nur Wahid.

Rombongan disambut hangat oleh Ketum PPP, Soeharso Monoarfa bersama jajarannya. Selama hampir satu jam, Bamsoet dan jajaran PPP melakukan pertemuan. Usai pertemuan, Bamsoet menyampaikan, dalam kunjungannya itu, PPP mengusulkan pentingnya penguatan kewenangan dan kelembagaan MPR.

Baca juga : Markas NasDem Ramai Didatangi Bos Parpol, Kali Ini Giliran AHY

Hal ini diperlukan sehingga MPR bisa mengambil berbagai keputusan strategis untuk bangsa. Sebagai contoh, kata dia, pelaksanaan tugas MPR dalam menjalankan Pasal 3 ayat 2 Konstitusi tentang melantik presiden dan wakil presiden.

Hingga kini, amanat konstitusi itu belum bisa dilaksanakan secara konkret. Yang ada adalah Ketua MPR membuka sidang, kemudian mempersilakan presiden dan wakil presiden mengucapkan sumpah jabatannya sendiri, tanpa dipandu oleh Ketua MPR.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro 21 Juni Hadir Di 5 Lokasi

“Alangkah baiknya jika ke depan, Ketua MPR sebagai wujud kedaulatan rakyat, bisa memandu pembacaan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden, sesuai yang diamanatkan konstitusi,” tutur Bamsoet.

Dari markas PPP, Bamsoet melanjutkan safarinya ke NasDem Tower, di Jalan Gondangdia, Jakarta. Rombongan disambut hangat oleh Surya Paloh dan pengurus elite NasDem seperti Jhonny G Plate dan Enggartiasto Lukita. Pembicaraan Bamsoet Cs dengan Paloh tampaknya begitu asyik. Pertemuan cukup lama. Tiba pukul 2 siang, rombongan baru muncul di lobi pukul 4.15 sore.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.