Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IBSW Yakin Moeldoko Bawa HKTI Majukan Kaum Tani

Selasa, 5 Juli 2022 12:44 WIB
Ketua Umum HKTI Moeldoko saat Rakernas HKTI di Discovery Hotel Ancol, 1-2 Juli 2022 lalu. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum HKTI Moeldoko saat Rakernas HKTI di Discovery Hotel Ancol, 1-2 Juli 2022 lalu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakernas DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) telah berlangsung di Discovery Hotel Ancol, 1-2 Juli 2022 lalu. Berbagai gagasan program yang mengemuka dalam Rakernas tersebut mendapat tanggapan dari Varhan Abdul Azis, Sekjen Indonesian Bureaucracy & Service Watch (IBSW).

Begitu pula revitalisasi organisasi HKTI yang dinilai semakin menyentuh rakyat banyak khususnya kaum tani. Varhan mengapresiasi gaya kepemimpinan dalam Periode Kedua Kepemimpinan Jenderal Moeldoko.

"Tidak salah beliau disebut Panglima Tani. Istilah ini merupakan gaya egaliter beliau dalam lingkungan sipil, walupun demikian kedekatan, keakraban dan hubungan tanpa sekat beliau terlihat nyata di dalam Rakernas lalu. Hal ini nampak dari interaktifitas beliau dengan para kader yang aktif menggali masukan-masukan," puji Varhan dalam keterangannya, Selasa (5/7).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua KNPI ini mengapresiasi program positif telah dilaksanakan sejak periode sebelumnya. Seperti Segelas Beras Untuk Disabilitas, Kepedulian Pembagian Invermectin melalui HKTI, Festival Tani Nusantara, hingga Program Asian Agricultur and Food Forum (ASSAF) yang telah mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional. "Tidak heran Kader Seluruh Indonesia mempercayakan beliau memimpin untuk kedua kalinya," tambahnya.

Baca juga : BSI Kian Modern Dan Jawab Kebutuhan Kaum Milenial

Lebih lanjut, Varhan meyakini, bahwa restrukturisasi dalam periode kedua ini akan menghasilkan langkah yang lebih akseleratif.

Dikatakan, Sekjen HKTI yang baru Achmad Baiquni adalah mantan Dirut Bank BNI dapat membawa anggota di seluruh Indonesia pada keterbukaan akses perbankan dan program manajerial ekonomi tani yang lebih baik.

Ditambah Bendahara Umum HKTI Mayjen TNI Purn Bachtiar Utomo yang juga Sekjen Kwarnas Pramuka dapat menggiring kreatifitas program maksimal HKTI ke depan.

Di samping itu masuknya pengusaha yang merupakan kepercayaan Ketua Umum HKTI Pak Moeldoko, Taufik Ridha sebagai Ketua Bidang Usaha UMKM dan Usaha Tani diyakini dapat membuat para petani bisa menerima manfaat peran HKTI secara maksimal ungkap Varhan. 

Baca juga : Jokowi Ngajak Satu Hati Dan Satu Perasaan

Ia mencermati arahan Moeldoko mengenai keterlibatan HKTI dalam Gugus Tugas Reforma Agraria yang dipimpin oleh KSP menjadi sangat memudahkan.

"Jabatan KSP Jenderal Moeldoko memberikan akses manfaat pada HKTI lebih luas untuk memberdayakan kaum tani. Selanjutnya pengawalan kerjasa HKTI dengan Kementerian lembaga menjadi angin segar yang memudahkan pelaksanaan program kader. Kalau bukan tokoh besar seperti Pak Moeldoko yang memimpin HKTI tentunya akan sulit terakses," tuturnya.

Varhan yang pernah menjabat sebagai Wasekjen LIRA ini berharap agar realisasi struktur HKTI menyeluruh seperti yang diarahkan Moeldoko dapat teraplikasikan segera. HKTI terbentuk di 34 Provinsi adalah prestasi Jenderal Moeldoko.

Bila dapat terbentuk di 514 Kabupaten Kota apalagi di 8000 lebih kecamatan melalui Gapoktan, HKTI bisa mengalahkan rekor LIRA sebagai LSM terbesar di kelompok perkumpulan.

Baca juga : Butet Kartaredjasa Yakin Moeldoko Selesaikan Masalah Seniman

Terakhir Varhan memandang posisi Moeldoko sebagai Ketua Umum HKTI yang juga sebagai Kepala Staf Kepresidenan dinilai rakyat sebagai langkah amanah strategis.

"Dalam melakukan tugasnya sebagai Panglima, KSP ataupun Ketum HKTI selalu dilakukan dengan totalitas. Organisasi apapun yang disentuh beliau menjadi hidup. Seperti halnya midas yang bertangan emas. Bukan tidak mungkin tangan dinginya bisa memimpin Indonesia di masa depan," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.