Dark/Light Mode

Menang Beruntun Praperadilan

Pengamat Sebut Burhanuddin Ubah Kejagung Lebih Profesional

Kamis, 7 Juli 2022 15:59 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Ist)
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menghadapi kejadian yang dimaksud, ujarnya, Burhanuddin mengintruksi jajarannya untuk melakukan eksaminasi atau legal annotation, yakni pemberian catatan hukum terhadap putusan hakim atau dakwaan jaksa. "Artinya Jaksa Agung gak main-main soal objektivitas penanganan perkara," kata Suparji.

Baca juga : Ingatkan Krisis Ekonomi, Pengamat Sarankan Ini Ke Pemerintah

Suparji tak menampik saat ini peristiwa kekalahan praperadilan masih terjadi di lingkup kejaksaan daerah. Namun menurutnya, selama kekalahan itu tidak berulang serta bukan karena pelanggaran prosedur atau kode etik profesi, masih dapat ditoleransi.

Baca juga : Djarot: Lebih Baik Ubah Kehidupan Kumuh Di Sekitarnya

Dengan sistem pengendalian internal yang kuat dan penerapan etika serta pengawasan dari jajaran korps adhyaksa dia yakin, apa yang telah dijalankan Jaksa Agung akan memberikan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Baca juga : Pengawas Tenaga Kerja Jangan Lemah Dan Lesu

"Saya yakin dengan sistem yang dijalankan saat ini, kejaksaan daerah juga makin profesional," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.