Dark/Light Mode

Diingatkan Presiden, Covid-19 Masih Ada

Ayo Pakai Masker Lagi

Senin, 11 Juli 2022 06:30 WIB
Presiden Jokowi usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin.
Presiden Jokowi usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin.

 Sebelumnya 
“Ini keputusan yang sangat tepat,” ujarnya.

Dicky menjelaskan, saat ini ancaman bukan hanya datang dari subvarian BA.4 dan BA.5, tetapi juga varian BA.2.75. Subvarian tersebut bisa mengkhawatirkan kesehatan global.

“Data awal di India menunjukkan bahwa BA.2.75 punya kecepatan sebaran yang luar biasa, 9 kali lipat dari BA.5,” paparnya.

Merujuk pada data tersebut, Dicky berharap Pemerintah segera melakukan respons. Bukan hanya mengandalkan vaksin booster, tapi penggunaan masker harus diketatkan lagi di semua level masyarakat.

Baca juga : Jokowi: Pakai Masker Di Dalam Dan Luar Ruangan, Masih Sebuah Keharusan

“Ingat, vaksin tidak menjamin orang tidak terinfeksi atau tertular virus, tapi masker cukup ampuh menghalau paparan. Jadi, vaksin saja tidak cukup,” tambah Dicky.

Selain itu, juga harus dikombinasikan bersama testing yang harus dimasifkan kembali, khususnya jika ada kegiatan di masyarakat. “Testing adalah upaya skrining yang cukup efektif memastikan kegiatan masyarakat itu aman atau tidak,” tutup Dicky.

Untuk diketahui, per Sabtu (9/7) pukul 12.00 WIB, kasus Covid-19 tercatat ada 2.705 kasus positif dalam 24 jam terakhir. Sementara jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis pertama yaitu sebanyak 201.731.197 orang atau 96,86 persen dari total target sasaran vaksinasi.

Jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua sebanyak 169.330.480 orang atau 81,31 persen. Kemudian, masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis ketiga atau penguat yaitu 51.784.125 orang atau 24,86 persen.

Baca juga : Borneo Bantai PSS Sleman, Milo Ingatkan Masih Ada 90 Menit Lagi

Netizen mendukung Jokowi kembali mewajibkan pemakaian masker di luar ruangan. Hal ini diperlukan agar kasus Covid-19 tidak kembali naik.

Akun @drpriono1 menyambut gembira imbauan Jokowi agar masyarakat kembali memakai masker saat berada di dalam dan di luar ruangan.

“Hore Pak @jokowi ingatkan agar kita tetap pakai masker di mana pun, juga perlu segera melengkapi vaksinasi booster. Keren,” ujarnya.

“Akhirnya, terima kasih, Pak @jokowi,” kata @PoppyLeon.

Baca juga : Lupakan Piala Presiden, Persib Fokus Hadapi Liga 1

Akun @ariomalv berharap imbauan Jokowi diikuti masyarakat dan khususnya pejabat. Kata dia, ada pemimpin daerah yang nonton bola tanpa masker, tidak memberi contoh yang bagus di saat kasus Covid-19 sedang naik lagi.

“Ayolah kita pakai masker lagi, nggak repot kok,” ujar @Dedi77309445. “Saya masih pakai masker ke mana-mana,” timpal @ uchi_leoni. “Masih tim pakai masker sekeluarga hingga saat ini,” sambung @jequelinmanopo.

Akun @Cak_Hariy menilai tidak ada yang salah jika sekarang Jokowi mengingatkan kembali masyarakat agar menggunakan masker di luar dan dalam ruangan. Kata dia, semua itu untuk mencegah segala potensi penularan Covid-19, agar Indonesia benar-benar zero Covid-19. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.