Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diingatkan Presiden, Covid-19 Masih Ada

Ayo Pakai Masker Lagi

Senin, 11 Juli 2022 06:30 WIB
Presiden Jokowi usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin.
Presiden Jokowi usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diminta kembali menggunakan masker, baik di dalam dan di luar ruangan. Aturan yang membolehkan warga melepas masker saat berada di luar ruangan tidak berlaku lagi.

Presiden Jokowi mengatakan, memakai masker di dalam dan di luar ruangan masih menjadi keharusan. Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dan tetap harus hati-hati harus dan waspada terhadap virus Corona

“Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada. Utamanya varian BA.4 dan BA.5 di semua negara,” tegas Jokowi usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin.

Presiden meminta Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya di kota-kota besar dengan mobilitas yang tinggi untuk menggencarkan kembali vaksinasi booster. Supaya, wabah Covid-19 di Indonesia bisa tetap terkendali.

Baca juga : Jokowi: Pakai Masker Di Dalam Dan Luar Ruangan, Masih Sebuah Keharusan

“Saya mengingatkan lagi untuk Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota Kabupaten dan Provinsi serta TNI dan Polri untuk terus melakukan vaksinasi booster, karena memang ini diperlukan,” kata Jokowi.

Jokowi bersyukur kondisi kasus Covid-19 di Indonesia masih terkendali. Dia lantas membandingkan dengan jumlah kasus harian di negara lain yang disebutnya masih tinggi.

Alhamdulillah kita masih berada di angka-angka yang masih terkendali, negara-negara lain ada yang masih 100 ribu kasus hariannya, itu yang harus kita waspadai,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengumumkan pelonggaran aturan memakai masker untuk masyarakat di Tanah Air. Menurut Presiden, pelonggaran ini sebagai tindak lanjut atas kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Baca juga : Borneo Bantai PSS Sleman, Milo Ingatkan Masih Ada 90 Menit Lagi

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal,” ujar Jokowi dalam keterangan video pada Selasa (17/5/2022) sore.

Pertama, kata Jokowi, Pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan memakai masker. “Jika masyarakat sedang beraktivitas di tempat atau area terbuka yang tidak ada orang, maka diperbolehkan tidak memakai masker,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi menekankan, pemakaian masker tetap disarankan kepada masyarakat lanjut usia (lansia), penderita komorbid (penyakit bawaan). Serta kepada mereka yang mengalami gejala batuk dan pilek.

“Demikian juga masyarakat yang mengalami gejala batuk pilek dan lain-lain, tetap gunakan masker saat beraktivitas,” tambah Presiden.

Baca juga : Lupakan Piala Presiden, Persib Fokus Hadapi Liga 1

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, penggunaan masker di dalam maupun di luar ruangan diperlukan untuk memberikan perlindungan maksimal saat kasus aktif meningkat.

“Gunakan masker di dalam dan luar ruangan, terutama pada saat ada kerumunan,” kata Wiku.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, imbauan untuk kembali memakai masker sudah benar. Kata dia, tidak ada kata terlambat untuk situasi sekarang ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.