Dark/Light Mode

Dibuka Kabaharkam, Senkom Mitra Polri Gelar Munas IV Di Depok

Selasa, 19 Juli 2022 21:29 WIB
Pembukaan Munas IV Senkom Mitra Polri, di Pusat Pendidikan dan Latihan Senkom Mitra Polri, Sawangan Depok, Selasa (19/7). (Foto: Dok. Senkom)
Pembukaan Munas IV Senkom Mitra Polri, di Pusat Pendidikan dan Latihan Senkom Mitra Polri, Sawangan Depok, Selasa (19/7). (Foto: Dok. Senkom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka secara resmi Munas IV Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, di Pusat Pendidikan dan Latihan Senkom Mitra Polri, Sawangan, Depok, Selasa (19/7). Kapolri berhalangan hadir karena harus menghadap Presiden Jokowi.

Ketua Umum Senkom Mitra Polri Katno Hadi memaparkan, lembaganya sudah berjalan selama 18 tahun. Senkom Mitra Polri mengusung tagline PRIMA, (profesional, responsif, inovatif, modern, akuntabel) dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 bidang Kamtibmas, yang mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Baca juga : Biasakan Karyawan Hidup Sehat, PPLI Kembali Gelar Donor Darah

“Sebagai organisasi masyarakat yang mandiri dan berkiprah secara nasional, di usianya yang ke 18 tahun, Senkom Mitra Polri dengan penuh semangat, berusaha dan berjuang untuk terus maju walaupun dihadapkan pada banyak tantangan dan hambatan. Untuk meneruskan estafeta kepemimpinan dan sesuai dengan amanat AD/ART, Senkom Mitra Polri, pada 19-20 Juli 2022 menggelar Munas IV. Harapan saya, siapa pun yang nanti terpilih jadi ketua umum, tetap dibimbing,” ucap Katno Hadi, dalam pidatonya, seperti keterangan yang diterima redaksi.

Kabaharkam Komjen Arief Sulistyanto, dalam kata sambutannya, juga berharap agar Senkom, yang sudah tampil prima selama ini, jangan dirusak seorang gara-gara tidak terpilih jadi ketua umum. “Musyawarah Nasional IV Senkom Mitra Polri merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi. Pemilihan ketua umum adalah mekanisme dalam Munas. Siapa pun yang terpilih jangan bikin sempalan, Senkom yang sudah baik jangan dirusak hanya masalah sepele,” harapnya.

Baca juga : Citra Polisi Ke Depan

Munas IV Senkom Mitra Polri mengangkat tema “Menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Dalam kiprahnya, Senkom Mitra Polri terus berusaha memberikan yang terbaik di berbagai bidang kehidupan yang menyentuh kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagai dedikasi dan karya nyata.

“Senkom Mitra Polri memiliki MoU dengan Mabes Polri. Substansinya, Senkom membantu pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Senkom berperan aktif dalam pengamanan kegiatan masyarakat, apel gelar pasukan, Tracer Covid-19, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara serentak dan diikuti seluruh anggota di semua tingkatan,” jelas Katno Hadi.

Baca juga : Meriahkan HUT Ke-76 Bhayangkara, KBPP Polri Gelar Berbagai Kegiatan Di GBK

Senkom sering hadir untuk memberikan andil dalam kegiatan-kegiatan seperti pengamanan hari besar keagamaan, membantu penanganan bencana, dan kegiatan bela negara. Untuk hal ini, Senkom Mitra Polri memiliki beberapa MoU dengan Instansi Pemerintah yaitu Mabes Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk Kamtibmas, MoU dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Basarnas untuk kebencanaan, serta dengan Kementerian Pertahanan untuk bela negara.

Munas IV Senkom Mitra Polri diikuti 35 provinsi sebagai peserta yang hadir di lokasi. Sementara, 450 pengurus kota/kabupaten mengikuti Munas IV secara daring dari studio masing-masing melalui jaringan Senkom Digital Communication (SDC).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.