Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Penembakan Brigadir J

KIP: Polri Harus Terus Update Perkembangan Kepada Masyarakat

Sabtu, 23 Juli 2022 08:10 WIB
Wakil Ketua KIP Arya Sandhiyudha (Foto: Dok. Pribadi)
Wakil Ketua KIP Arya Sandhiyudha (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Arya Sandhiyudha angkat bicara soal kasus baku tembak antar polisi, yang menewaskan Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Freddy Sambo, Jumat (8/7).

Menurutnya, Polri harus terus meng-update perkembangan kasus yang belakangan ini menyedot perhatian masyarakat. Sesuai perspektif Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga : Kasus Dugaan Pembunuhan Berencana Brigadir J Naik Ke Tahap Penyidikan

"Ini penting untuk menjawab pertanyaan besar persepsi di masyarakat terhadap kasus tersebut. Tentunya, dengan menjadikan proses penegakan hukum dalam Pasal 17 Ayat a UU 14/ 2008 sebagai pegangan Polri," kata Arya dalam keterangannya, Sabtu (23/7).

"Masyarakat harus mendapatkan penjelasan proses perkembangan kasus dan ketentuan penegakan hukum. Sehingga, masyarakat tetap percaya, Polri independen dan profesional," imbuhnya.

Baca juga : Puan: Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Harus Jadi Pertimbangan Upah Minimum 2023

KIP mengapresiasi Polri, yang mengusung konsep Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan (PRESISI) dalam pelayanannya. Sehingga, diharapkan bisa membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan, dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah masyarakat.

Arya menilai, konsep ini sangat relevan dengan semangat Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga : Prof. Romli: Polisi Harus Segera Umumkan, Siapa Dalang, Siapa Wayang

"Kami di Komisi Informasi Pusat (KIP), mengapresiasi cerminan semangat keterbukaan Polri, yang ada pada tagline PRESISI," pungkas Arya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.