Dark/Light Mode

Sudah Ada Yang Capreskan Ganjar

Musra Relawan Jokowi Rawan Dicawe-cawe Parpol

Minggu, 31 Juli 2022 07:35 WIB
Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus. (Foto: Istimewa)
Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Jadi saya luruskan, relawan Jokowi kesannya pecah, padahal tidak. Kelompok yang sudah punya jagoan, silakan datang tapi jadi peserta. Usulkan jagoannya dalam Musra nanti,” tuturnya.

Noel, sapaan akrab Immanuel Ebenezer membantah, Joman tak setia kepada Jokowi. Dia menegaskan Joman setia mendukung cita-cita yang diusung Jokowi sejak menjadi presiden. Makanya, Noel jagoin Ganjar. Sosok yang dinilai mampu melanjutkan cita-cita Jokowi. “Siapa punyang bisa melanjutkan legacy Presiden Jokowi, akan kita support. Nah kami melihatnya Mas Ganjar. Wong nanti Musra ujung-ujungnya dukung Mas Ganjar,” sindirnya.

Baca juga : Bertemu 3 Jam, Andi Gani Bilang Presiden Jokowi Sampaikan Ini Kepada Para Relawan Dan Loyalisnya

Noel mengingatkan, keputusan Musra jangan sampai memaksakan partai politik untuk mendukung paket capres-cawapres pilihan mereka. Apalagi, jika paket capres-cawapres Musra, malah menghadap-hadapkan Jokowi dengan koalisi partai politik.

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menyatakan, gelaran Musra relawan Jokowi memicu perpecahan antar kelompok relawan. Sebab, sebagian kelompok memang sudah menjatuhkan dukungan. Seperti JoMan yang menjagokan Ganjar Pranowo.

Baca juga : Tanam Mangrove, Ganjar Canangkan Ekowisata Mangrove Muara Kali Ijo

Ujang melihat, perpecahan kelompok relawan ini akan dipicu oleh dua irisan kepentingan. Pendukung Ganjar dan pendukung Puan Maharani.

“Dengan demikian, pasti akan ada kepentingan partai yang cawe-cawe. Terutama PDI Perjuangan dengan Puan Maharani. Juga partai-partai yang mendukung Ganjar,” kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.