Dewan Pers

Dark/Light Mode

Temani Jokowi Jalan Pagi Di Solo

Ganjar-Erick Banyak Dilirik

Senin, 8 Agustus 2022 07:46 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan Presiden Jokowi di sela mengikuti CFD di Solo, kemarin. (Foto: Twitter @ganjarpranowo)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan Presiden Jokowi di sela mengikuti CFD di Solo, kemarin. (Foto: Twitter @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menemani Presiden Jokowi dan keluarga, jalan pagi di Car Free Day (CFD) Solo, kemarin. Jokowi, Ganjar, Erick berada di Solo usai penutupan ASEAN Para Games 2022, Sabtu (6/8) malam. Setelah acara penutupan itu, mereka tidak pulang ke Jakarta. Mereka memilih menginap di Solo, lalu pagi-paginya jalan pagi.

Sekitar pukul 6 pagi, Ganjar bersama istri, Siti Atikoh, sudah keluar dari Hotel Alila, tempat mereka menginap. Keduanya jalan kaki, sekali-kali lari kecil mengarah ke Jalan Slamet Riyadi. Tiba di sana sekitar pukul 7:45 pagi. Ganjar lalu bertemu Jokowi dan keluarganya di Loji Gandrung, yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi.

Jalanan tersebut ramai dipenuhi warga yang ikut CFD. Jokowi pagi itu mengenakan kaos putih dibalut jaket paduan merah putih bertuliskan G20. Ia jalan sambil menuntun cucunya, Jan Ethes. Di sampingnya, ada Ibu Iriana dan Wali Kota Solo yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Ada juga Menteri BUMN Erick Thohir.

Kehadiran Jokowi dan keluarga disambut antusias warga Solo. Apalagi saat Ethes membagikan balon kepada warga.

Berita Terkait : Prabowo & Ganjar Jangan Geer Dulu

Di sela jalan, Ganjar terlihat berbincang dengan Jokowi. Sesekali Gubernur Jawa Tengah itu mengernyitkan keningnya, hingga badannya agak ditundukkan ketika menyikap perkata Jokowi.

Kehadiran Ganjar ini juga disambut antusias para pendukungnya. Sosok yang kerap muncul di papan teratas elektabilitas capres 2024 itu pun dielu-elukan. "Sekali Pak Ganjar tetap Pak Ganjar," teriak salah satu warga dengan menggunakan pengeras suara.

Bukan hanya Ganjar, Erick juga banyak disapa warga. Berbagai teriakan ke Jokowi, ke Ganjar dan ke Erick pagi itu, bersahutan.

Kehadiran Ganjar dan Erick bersama Jokowi di CFD Solo ini, kemudian ditafsirkan macam-macam oleh orang politik. Apakah ini tanda Jokowi di tengah meng-endorse duet Ganjar-Erick untuk maju di Pilpres 2024? Ditanya soal ini, Ganjar mengelak. Ia mengaku, tidak ngobrol banyak dalam kesempatan CFD bareng Jokowi dan Erick itu. Apalagi bicara Pilpres. "Nggak ngobrol, tadi saya olahraga, methuk (jemput), beliau ingin keliling melihat beberapa ruas jalan, termasuk di Loji Gandrung tadi," kata Ganjar, saat ditanya wartawan.

Berita Terkait : Kagumi Pesona Pariwisata Selo, Ganjar Titip Kebersihan Hingga Pelayanan Terbaik 

Menurutnya, Jokowi datang dalam rangka reunian dan lihat-lihat kawasan tempat ia dulu tinggal ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo. "Beliau hanya mau olahraga saja," sambungnya.

Politisi banteng itu juga mengaku tidak mendapatkan perintah khusus dari Jokowi di momen tersebut. Obrolan singkat dengan Jokowi yang ada hanya soal penataan beberapa wilayah yang sudah direncanakan Pemerintah Pusat dan Pemkot Solo. "Ada beberapa yang mau ditata, Keraton Mangkunegaran itu nanti yang di belakang, disiapkan Menteri BUMN. Jadi beliau cuma lihat-lihat saja," terangnya.

Tapi, di mata relawan dan pendukungnya, kebersamaan Ganjar dengan Jokowi di CFD itu, dianggap justru merupakan sinyal kuat terkait arah telunjuk Jokowi di Pilpres 2024. Salah satu yang bilang demikian adalah Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer. "Selaku pendukung Pak Jokowi dan pendukung Pak Ganjar, lagi-lagi saya melihat itu adalah sinyalemen kuat yang diberikan oleh Pak Jokowi kepada masyarakat terkait dukungannya di Pilpres nanti, istilah lain di-endorse-lah," kata pria yang akrab disapa Noel itu, tadi malam.

Menurutnya, elektabilitas Ganjar sudah tak bisa dibendung lagi. Di beberapa survei, sudah menembus 32 persen. "Problemnya, memang tidak punya partai, tapi punya elektabilitas kuat, ini modal kuat," sambungnya.

Berita Terkait : Perang Di Sana Perang Di Sini

Hal senada disampaikan Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi. Dia bilang, kedekatan Jokowi dengan Ganjar sudah menjadi rahasia umum. Tak cuma dalam hubungannya di pemerintahan, tapi juga kedekatan secara personal.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu," kata Eko. Menurutnya, selaku orang Solo, Jokowi banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya.

Di linimassa, duet Ganjar-Erick ini pun banjir dukungan. "Hhmm.. Kode nih. Presiden Jokowi tutup gelaran ASEAN Para Games di Solo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Cocok nih, Ganjar-Erick," cuit @03__nakula.

"Setelah Pak Jokowi, kedua orang inilah saya menaruh harapan di 2024 bagi Indonesia; Ganjar Pranowo dan Erick Thohir," timpal @YRadianto.■