Dark/Light Mode

Kasih Restu Ke Capres

Jokowi Netral

Sabtu, 13 Agustus 2022 07:48 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengakui mempersilakan siapa pun yang mau nyapres. Jokowi tak pernah melarang-larang. Namun, Jokowi menegaskan, tak pernah memberikan restu khusus ke seorang capres.

Hal ini disampaikan Jokowi menjawab klaim bahwa dirinya memberikan restu kepada Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Jokowi mengakui, ada menteri yang menyampaikan kepada dirinya akan nyapres. Ke menteri tersebut, Jokowi bilang, silakan.

"Istilahnya, saya kira karena menyampaikan kepada saya, masak saya bilang jangan, ndak. Kan nggak gitu mestinya," kata Jokowi, kepada wartawan, di Kompleks Istana, kemarin.

Baca juga : Jokowi Tamu Spesial Jinping

Jokowi melanjutkan, di alam demokrasi, seseorang yang mau maju menjadi capres tidak boleh dilarang-larang. Termasuk oleh Presiden.

“Demokrasi kita kan memang harus disampaikan seperti itu. Nggak mungkin Presiden, ada misalnya menteri yang ke saya untuk menyampaikan itu (mau maju di 2024), kemudian saya bilang tidak. Nggak bisa," ujar Jokowi.

Namun, Jokowi juga tidak menyalahkan pihak tertentu yang menafsirkan hal tersebut sebagai restu darinya. "Kalau itu ditafsirkan sebagai restu, ya silakan juga," imbuhnya.

Baca juga : Pak Jokowi, Sehat-sehat Ya

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim, Jokowi telah memberikan restu ke Prabowo untuk maju di 2024. Pemberian restu itu terjadi saat Jokowi bertanya langsung ke Prabowo mengenai rencana menghadapi 2024.

"Pak Prabowo pernah ditanya (oleh Jokowi), maju nggak? Dia (Prabowo) bilang, ‘kalau Bapak mengizinkan (akan maju)’. Ternyata diizinkan untuk maju," ucap Wakil Ketua DPR ini.

Menurut Dasco, restu Jokowi merupakan salah satu pertimbangan bagi Prabowo. Kini, Prabowo pun mantap maju kembali sebagai capres untuk ketiga kalinya. "Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya akan maju," ucapnya.

Baca juga : Desa Digital Kerek Ekonomi Pedesaan

Bukan cuma dari pihak Prabowo, dari pihak Ganjar juga mengklaim adanya restu itu. Salah satunya disampaikan Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer. Dia pede, Jokowi telah memberikan restu, bahkan menganggap sedang meng-endorse Ganjar.

Noel, sapaan akrab Immanuel, kegeeran saat melihat Jokowi begitu lengket dengan Ganjar saat Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (7/8). Apalagi, empat hari setelahnya, Jokowi kembali bertemu dengan Ganjar di Boyolali dan Sukoharjo. Keduanya bahu membahu membantu masyarakat setempat melakukan penanaman kelapa genjah dan tanaman sela.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.