Dark/Light Mode

Kasih Restu Ke Capres

Jokowi Netral

Sabtu, 13 Agustus 2022 07:48 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Di momen itu, Ganjar memamerkan potret berdua dengan Jokowi di akun media sosialnya. Dibumbui caption yang diistilahkannya tak berjarak dengan Presiden. Noel lalu menafsirkan hal ini sebagai restu dan dukungan dari Jokowi ke Ganjar.

"Di antara semua calon, elektabilitas di atas 30 persen kan Mas Ganjar. Atas dasar itu, walaupun Presiden secara politik harus netral, tapi kebatinan pasti (memilih) Mas Ganjar," ucap Noel, pede.

Baca juga : Jokowi Tamu Spesial Jinping

Politisi PDIP Hendrawan Supratikno angkat bicara mengenai banyaknya klaim pihak tertentu soal restu Jokowi. Hendrawan memastikan, pihaknya tidak masalah dengan klaim-klaim tersebut.

"Semua ditafsirkan sesuai kepentingan dan optimismenya. Saat ini, semua sedang melakukan positioning untuk menempati posisi terbaik dalam peta persepsi masyarakat. Tak ada masalah," ujarnya.

Baca juga : Pak Jokowi, Sehat-sehat Ya

Lalu, akankah Jokowi mendukung calon tertentu? Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya yakin, Jokowi tidak akan menyampaikan secara terbuka. Sebab, dunia politik di Indonesia berbeda dengan dunia politik di Amerika.

Yunarto menerangkan, di Amerika, posisi presiden akan jelas ketika akan memasuki masa pensiun. Yaitu, mendukung salah satu kandidat yang dianggap mampu meneruskan estafet kepemimpinannya. Bahkan menyatakan dukungan resmi.

Baca juga : Desa Digital Kerek Ekonomi Pedesaan

Tapi, tradisi di Indonesia tidak demikian. “Dengan gaya politik Pak Jokowi, mungkin tidak akan deklarasi," ucap Toto, sapaan Yunarto Wijaya.

Akan tetapi, dia meyakini Jokowi akan meng-endorse kandidat yang visi dan misinya sama dengan dirinya. "Hal itu bagus buat keberlanjutan kepemimpinan dan pembangunan. Karena yang kita bicarakan itu legacy," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.