Dark/Light Mode

Kalau Sosialisasi Rekam Jejak Dan Prestasinya Digeber

Yakin, Elektabilitas Puan Salip Anies Dan Prabowo

Jumat, 26 Agustus 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani. (Foto: Antara)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sekadar informasi, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) teranyar menyebut, Puan tidak kompetitif sebagai capres. Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengungkapkan, dukungan Puan Maharani dalam satu tahun terakhir ini tidak mengalami kemajuan.

Padahal, Puan dan Airlangga memiliki peluang paling besar di jajaran tokoh partai untuk dicalonkan dalam Pilpres 2024. “Namun, dukungan pada keduanya sangat tidak kompetitif dibanding tokoh partai lain, terutama Prabowo Subianto. Tercatat, Maret 2021 dalam pertanyaan semi terbuka Puan hanya meraih 0,5 persen menjadi 1 persen pada Agustus 2022,” ungkap Deni Irvani.

Apa tanggapan para kader banteng di daerah? Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Selatan, Rudy Pieter Goni tak mau pusing. Kata dia, kader tinggal nunggu arahan ketua umum. Saat ini, kerja politik terus dilakukan. Siapa pun calonnya, Banteng akan solid. “Kami hanya kerja-kerja politik dan menyapa masyarakat di Sulsel. Siapa pun nanti yang diputuskan Partai, kami siap jalankan!” tegasnya.

Baca juga : Peneliti IPS: Ini Faktor yang Bikin Elektabilitas Partai Perindo Naik Terus

Politisi PDIP lainnya, Agustina Wilujeng mengatakan, mayoritas anggota legislatif di Senayan mendukung Puan sebagai Capres.

Wakil Ketua Komisi X DPR ini pun yakin Puan akan bersaing dalam bursa Pilpres. Dikatakan, kader Banteng melihat, Puan punya daya tarik dan segudang prestasi. Ini yang akan ditonjolkan dan dikampanyekan ke daerah-daerah.

Soal pengalaman, Puan jelas berprestasi. Dari mulai menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) hingga Ketua DPR.

Baca juga : Kekayaan Intelektual Permudah Akses Modal Usaha Bagi UMKM

Track record prestasinya panjang. Memang belum ada perintah resmi, tapi kader berharap Mbak Puan. Kita hormati hak prerogatif Ketua Umum, Ibu Megawati,” katanya.

Pernyataan bahwa kader Banteng mendukung Puan nyapres bukan isapan jempol. Saat rapat paripurna masa persidangan I tahun 2022-2023, Selasa (23/8), seluruh kader fraksi Banteng meneriakkan Puan presiden 2024.

“Yang saya hormati Ketua DPR Ibu Puan Maharani saya selalu berdoa agar Ibu Puan Maharani menjadi Presiden Republik Indonesia. Hasbunallah Wanikmal Wakil, Nikmal Maula Wanikman Nasir, Mbak Puan Presiden,” ujar anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Abidin Fikri.

Baca juga : Pengamat: Dukungan Jokowi Tak Lantas Dongkrak Elektabilitas Si Capres

Lalu bagaimana tanggapan Puan? Dia enggan menyatakan siap atau tidak jika dicalonkan menjadi presiden. “Lihat saja di lapangan, saya tidak bisa mengatakan siap dan tidak atau mendorong karena pasti PDIP siap solid dan pastinya sudah memiliki capres 2024,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.