Dark/Light Mode

Dimintai Keterangan KPK 11 Jam

Anies Lebih Semangat Jelaskan Prestasi Cegah Korupsi Ketimbang Formula E

Rabu, 7 September 2022 20:42 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan usai dimintai keterangan di KPK, Rabu (7/9). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Gubernur DKI Anies Baswedan usai dimintai keterangan di KPK, Rabu (7/9). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

Anies diperiksa sekitar 11 jam. Masuk ke Gedung Merah Putih KPK pukul 09.27 WIB, dia baru selesai diperiksa pukul 20.35 WIB. Keluar dari lobi gedung, Anies tersenyum lebar. Dia tampak sumringah.

"Saya ingin sampaikan, senang sekali bisa kembali membantu KPK dalam menjalankan tugasnya. Kami selalu berusaha untuk bisa membantu KPK bahkan sebelum ketika bertugas di pemerintahan," ujar Anies, di pelataran lobi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (7/9) malam.

Baca juga : Ini Alasan KPK Panggil Anies Dalam Penyelidikan Formula E

Setelah itu,alih-alih bicara soal Formula E, Anies lebih bersemangat membeberkan upayanya dalam mencegah korupsi.

"Ketika kami bertugas di kampus, kami menjadikan mata kuliah anti korupsi menjadi mata kuliah wajib dan satu-satunya kampus yang menjadikan itu mata kuliah wajib," tutur mantan Rektor Universitas Paramadina itu. Anies belum selesai.

Dia kembali mengisahkan, dirinya pernah menjadi Ketua Komite Etik ketika komisi antirasuah membentuk komite tersebut.

Baca juga : Anies Masih Diribetin Urusan Formula E

"Ketika dibentuk Tim 8 pada masa itu, saya diundang, sanggup membantu KPK," imbuhnya.

Kemudian, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies membentuk Komisi Pencegahan Korupsi Ibu Kota untuk membantu tugas pencegahan korupsi.

"Dan Alhamdulillah, kami diundang untuk membantu. Kami pun hadir untuk membantu menjalankan apa yang dibutuhkan oleh KPK," beber Anies.

Baca juga : Prihatin, Anak Lebih Senang Mie Instan Ketimbang Ayam

Barulah setelah itu dia bicara sedikit soal permintaan keterangan yang dilakukan kepadanya, dalam penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

"Itu tadi kami diminta untuk memberikan bantuan keterangan dan sudah disampaikan. Insya Allah dengan keterangan yang tadi kami sampaikan akan bisa membuat menjadi terang sehingga isu yang sedang didalami akan bisa menjadi terang benderang dan memudahkan dalam KPK menjalankan tugas," terang Anies.

"Itu aja dari saya, terima kasih. Sudah cukup, terima kasih," tutup Anies, sambil melenggang masuk ke mobil dan meninggalkan gedung KPK. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.