Dark/Light Mode

Netizen Bingung Setengah Mati

Parpol Kok Tak Malu Berantem Rebutan Kursi Ketua MPR...?

Senin, 22 Juli 2019 05:32 WIB
Gedung MPR/DPR/DPD. (Foto : Istimewa)
Gedung MPR/DPR/DPD. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perebutan kursi ketua MPR semakin panas. Tak hanya partai koalisi yang berambisi. Partai oposisi juga kebelet. Banyak netizen yang bingung melihat kelakuan parpol kayak begini.

Terakhir, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ikutan mengincar kursi pimpinan MPR. Politikus Gerindra, Sodik Mujahid tak malu lagi mengungkapkan minatnya terhadap kursi ketua MPR.

“Komposisi terbaik adalah Ketua MPR Gerindra. Ketua DPR PDIP, Presiden Joko Widodo,” kata Sodik, pekan lalu.

Pernyataan Ketua DPP PKS Ledia Hanifa juga menyiratkan keinginan partainya mengisi kursi ketua MPR. Kata dia, perebutan pimpinan MPR sangat dinamis. Bahkan, kata dia, partai pendukung Jokowi dan Prabowo bisa berkoalisi dalam paket pimpinan MPR.

Baca juga : Imin Tidak Lelah Buru Ketua MPR

“Kalau enggak salah, di dalam Undang-Undang MD3, kalau MPR kan nanti akan bersama sama dengan DPD, enggak mesti satu. Bisa dua DPD-nya. Itu sangat cair, memang sangat cair, bisa jadi paketnya itu belum tentu dua paket. Jadi, ada beberapa opsi,” jelasnya.

Sebelumnya, partai koalisi pemerintah seperti PKB, Golkar, PPP juga sudah rebutan kursi pimpinan MPR. Partai Golkar sudah menyiapkan Bambang Soesatyo (Bamsoet), Aziz Syamsuddin, dan Zainudin Amali.

PKB juga menyodorkan Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar. Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa juga merasa PPP pantas menduduki jabatan pimpinan MPR.

Penempatan PPP di posisi ketua MPR, kata dia, sebagai wujud penguatan koalisi di legislatif. “Minimal PPP wakil ketua MPR,” kata Suharso usai Mukernas IV PPP di Serang, Banten, Sabtu (20/7).

Baca juga : DPD Berpeluang Rebut Kursi Ketua MPR

Perebutan kursi ketua MPR membuat warganet sebal. Netizen ramai-ramai mengkritik partai politik yang hobinya berebut kekuasaan. @Hayuningrat7 mengatakan mengaku bingung setengah mati. Kenapa partai politik yang dipilih rakyat, malah ngeributin soal jabatan. Bukan memperjuangkan kepentingan rakyatnya lebih dahulu.“Kalau bagian ribut cari kursi jagonya dah.” “Gak punya malu banget. Cakar-cakaran hal yang gak pasti. Harusnya malu sama rakyat,” kritik @SahabatSaber.

Menurut @bangzul, partai politik yang berebut kursi ketua MPR dan kursi menteri, merupakan partai penjilat. Partai yang hanya mementingkan kelompoknya saja. “Akhirnya mereka jadi penjilat semuanya hahhaa,” kata @bangzul. Sikap ambisius dari partai politik, menurut @smker, semakin membuat masyarakat jijik dan antipati dengan partai politik. “Masih percaya. Kalau mayoritas mereka itu selalu berhitung kasak kusuk untuk kepentingan mereka sendiri. Bukan kepentingan rakyat.”

Rakyat, dikatakan @SiawPuch hanya dijadikan alat untuk meraih kekuasaan dan jabatan. Partai tidak ingin rakyatnya sejahtera. “Rakyat kecil toh tetap hidup miskin & susah, walau 1000 kali berganti rezim atau MPR & DPR. Rakyat kecil cuma bisa bermimpi saja,” ujar @SiawPuch. Warganet juga menyoroti sikap partai oposisi seperti Partai Gerindra dan PKS yang ikut mengincar kursi MPR.

Menurut @pipego6, keinginan Gerindra untuk menduduki kursi Ketua MPR menunjukkan bahwa Gerindra tidak memiliki etika politik. Gerindra hanya memaknai rekonsiliasi dengan bagi-bagi jabatan. @bekasi_gadis tidak setuju kursi MPR diberikan ke Gerindra. Dia bilang, logisnya posisi ketua MPR diduduki partai pemenang kedua perolehan kursi di DPR, Partai Golkar.

Baca juga : 3 Parpol Berebut Kursi Ketua MPR

Bahkan, Tukang Tahu menganggap kader Gerindra tidak ada yang layak menjadi pimpinan MPR. “Gak ada bagusnya orang Gerindra pimpin parlemen.. Liat DPR sekarang isi nya zonk. Tukang dagelan semua.”

Oman_peace meminta partai pemerintah tidak memberikan kursi MPR ke Gerindra. Dia bilang, pimpinan MPR diberikan ke Gerindra berpotensi menjatuhkan Jokowi di tengah jalan pemerintahannya. “Jangan dikasih.

Nanti dia dengan kronco-kronconya akan mencoba menjatuhkan Jokowi lewat MPR,” kata Oman_peace, curiga. Kecurigaan yang sama juga diungkapkan Pedro. “Awas ada udang di balik bakwan. Gerindra incar kursi ketua MPR jangan-jangan ada agenda mau rebut kekuasaan lewat pemakzulan...hahaha.”

Etan ikut menyambar. Kata dia, jika Gerindra diberikan kursi pimpinan MPR akan membahayakan Jokowi. “Nanti mau lengserkan Jokowi. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.