Dark/Light Mode

Peringati HKGN 2022, PDGI Tegal Sikat Gigi Ribuan Anak SD

Senin, 12 September 2022 13:53 WIB
Aksi Sikat Gigi Bersama oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) memperingati HKGN 2022 di Kab/Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)
Aksi Sikat Gigi Bersama oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) memperingati HKGN 2022 di Kab/Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022 dimeriahkan aksi Sikat Gigi Bersama oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten dan Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (12/9).

Acara bersih-bersih gigi ini istimewa lantaran jadi aksi outdoor perdana PDGI se-Indonesia saat Pandemi Covid-19 mulai mereda.

"Alhamdulillah kami turun lagi ke masyarakat usai jeda dua tahun karena pandemi. Sekaligus bagian hajatan besar tahunan PDGI," ucap Ketua PDGI Kab/Kota Tegal, drg Farrah Juwita Yamin di sela acara, Senin (12/8).

Baca juga : Peringati Hapernas 2022, PUPR-Sinas Mas Land Gelar Fun Ride di BSD

Selain di Sekolah Dasar (SD) Karangjambu 2, HKGN di Kab/Kota Tegal juga digelar di 11 SD lain di wilayah Kecamatan Balapulang, Jatinegara, Bojong. Ada 2.000 murid ikut berpartisipasi.

"Sikat Gigi Bersama ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut," ujar alumnus FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ini.

PDGI Kab/Kota Tegal mengerahkan 75 dokter gigi. Mereka tampak kompak berseragam ungu saat mengedukasi para murid dan orang tua.

Baca juga : Gagal Ke Semifinal, Ginting Ditekuk Viktor Axelsen

"Kami ajak orang tua bersama anak untuk sikat gigi di malam hari sebelum tidur. Pembiasaan baik itu akan terbangun mulai dari diri sendiri, keluarga sampai lingkungan, sehingga penyakit gigi dan mulut akan berkurang," tambah Ketua Kegiatan HKGN PDGI Cab.Tegal, drg Darajati Lianna.

Aksi Sikat Gigi Bersama juga dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal, serta pejabat kecamatan setempat. "Kemenkes bersama PDGI tahun ini melibatkan 500 ribu peserta siswa SD di berbagai daerah. Acara dilakukan serentak," sambung Farrah.

Pihaknya berkomitmen terus melakukan pendekatan kepada masyarakat. Momentum HKGN tahun ini akan disusul berbagai rangkaian penyuluhan dengan berbagai bentuk dan platform termasuk media sosial.

Baca juga : Peringati HUT DPR, PIA DPR RI Gelar Donor Darah

"Ada seminar, diskusi, webinar dan bakti sosial, agar peranan seluruh dokter gigi. Khususnya dokter gigi cabang Tegal langsung tepat sasaran memberikan manfaat kesehatan dan edukasi yang optimal kepada masyarakat," beber Farrah.

"HKGN itu salah satu forum promosi kesehatan yang output-nya meningkatkan kesehatan tubuh dengan outcome meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Menuju Indonesia Bebas Karies 2030," timpal pejabat Puskesmas Kalibakung, drg Susi Arisanti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.