Dark/Light Mode

Kasih Pembekalan Ke Pasis Dikreg LXII Seskoad

Kepala BPIP Ingatkan Soal Kedaulatan Negara

Selasa, 13 September 2022 19:25 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengungkapkan, sejumlah cara menghadapi berbagai tantangan yang mengancam kedaulatan negara. Beberapa di antaranya adalah dengan sikap pancasilais,  integritas, serta kerelaan bergotong-royong.  

Hal tersebut disampaikan Yudian saat memberikan ceramah pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LXII Seskoad TA 2022, di Gedung Jenderal Gatot Soebroto Seskoad, Bandung, Senin (12/9). 

Acara itu dihadiri 241 Pasis TNI Angkatan Darat, 2 Pasis TNI Angkatan Laut, 2 Pasis dari TNI Angkatan Udara, serta 19 Pasis Polri. 

Baca juga : KPK Ingatkan Efek Jera

Dalam pembekalan bertajuk Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ini, Yudian mengawali pemaparan dengan mengenalkan Salam Pancasila. Kata dia, Salam Pancasila adalah salam kebangsaan di tengah kemajemukan Bangsa Indonesia.

"Salam Pancasila bukan salam untuk mengganti salam agama. Salam Pancasila adalah jembatan antaragama sebagai salam pemersatu," kata Yudian.

Yudian mengatakan, negara bukanlah entitas yang ajeg (immutable) yang tidak akan pernah berubah. “Negara bisa berubah batas wilayah atau bahkan bubar. Yugoslavia dan Uni Soviet adalah contoh. Kita pernah kehilangan Timor Leste," tuturnya. 

Baca juga : Kepala Badan Otorita IKN Datangi Korsel

Eks Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu mengungkapkan, ada kondisi-kondisi tertentu yang akan memengaruhi legitimasi dan kedaulatan Indonesia. Kondisi tersebut  terbagi ke dalam dua bagian, yakni  tantangan eksternal (geopolitik global), dan tantangan internal.

Menilik berbagai tantangan tersebut, Yudian  berpesan kepada Pasis Dikreg LXII Seskoad untuk menghadapi berbagai tantangan lokal-global tersebut dengan sikap pancasilais dan memiliki integritas, etos kerja serta kerelaan bergotong-royong yang tinggi. “Bersabar, bekerja keraslah, dan berpancasilais-lah, kita berpancasila," tutupnya. 

Sementara itu, Wadan Seskoad Brigjen TNI Refrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BPIP yang telah menyampaikan pembekalan kepada para Pasis Dikreg LXII Seskoad TA 2022.

Baca juga : KAI Remajakan Kereta Ekonomi Untuk Tingkatkan Kenyamanan

“Saya yakin pembekalan oleh Kepala BPIP tadi akan sangat bermanafaat untuk kita semua. Karena itu, atas nama instansi dan Pasis, kami, saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” ucap Refrizal. 

Dalam ceramah pembekalan tersebut Yudian didampingi oleh Deputi Bidang Hubungan antar Lembaga Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso, Direktur Pengkajian dan Materi BPIP, Aris Heru Utomo, serta hadir pula Para Direktur Seskoad.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.