Dark/Light Mode

Mega Pro-BBM Naik

Sabtu, 17 September 2022 06:40 WIB
Megawati Soekarnoputri bicara soal kenaikan harga BBM. (Foto: Twitter @PDI_Perjuangan).
Megawati Soekarnoputri bicara soal kenaikan harga BBM. (Foto: Twitter @PDI_Perjuangan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang sering bicara menge­nai wong cilik, tidak mempersalahkan kebijakan Pemerintah menaikkan harga BBM. Mega pro-kenaikan BBM. Alasannya, kondisi saat ini sangat sulit.

Pengakuan Mega itu disampaikan di sela-sela acara Jeju Peace Forum, di Kota Jeju, Seoul, Korea Selatan, Kamis (15/9). Mega yakin, kenaikan harga BBM yang diambil Pemerintah telah dipertim­bangkan dengan matang. Untuk itu, dia mengajak masyarakat bisa memahami keputusan yang diambil Pemerintah.

Baca juga : Jalan Tengah BBM Subsidi

"Bagaimanapun juga, kita kan tak bisa (mempertahankan harga lama BBM). Kalau nanti tidak dinaikkan, kondisinya malah menjadi lebih sulit, lalu bagaimana?” ucap Mega.

Presiden ke-5 RI ini mengaku telah mempelajari situasi. Hasilnya, kenaikan harga BBM sebenarnya sudah sangat jelas. "Sampai Menteri Keuangan sendiri sudah turun untuk menjelaskan alasannya, bahwa sebenarnya masalah BBM itu, kalau kita pelajari dengan baik, memang ya itu, malah memberi­kan sebuah kesempatan," lanjutnya.

Baca juga : Membuka Topeng Rasis

Mega sadar, PDIP kena getah atas kenaikan harga BBM itu. Namun, dia tidak masalah. Sebab, kondisi saat ini memang mengharuskan negara menaikkan harga BBM.

"Saya tahu juga nanti bisa sampai dibawa-bawa urusan PDI Perjuangan­nya, karena dianggap pengusung utama Pak Jokowi. Namun, situasi ini kan ten­tunya tidaklah begitu gampang, tidak asal-asalan saja dinaikkan BBM,” ungkap dia, mengingatkan.

Baca juga : Negeri Paradoks

Mega lalu menyinggung pihak yang menurutnya tidak mau berusaha mengerti dengan kondisi yang ada. Padahal, kondisi saat ini memang berat, karena Indonesia dan dunia belum sepenuhnya keluar dari pan­demi Covid-19. Sehingga pendanaan untuk Covid-19 tidak bisa begitu saja dialihkan demi menambah subsidi BBM. "Jadi, saya berharap masyara­kat jangan selalu mengambil sebuah pengertian itu langsung membelah begitu,” tekan Mega.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.