Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyerang Buzzer

Paloh Banyak Supporternya

Senin, 19 September 2022 06:40 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem).
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mulai gerah dengan keberadaan buzzer politik. Dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial, Paloh tak ragu-ragu nyerang buzzer. Pernyataan Paloh ini ternyata mendapat supporter banyak di medsos yang memang gerah dengan kelakuan buzzer.

Ungkapan kekesalan Paloh terhadap buzzer terekam dalam sebuah video singkat berdurasi 40 detik. Video ini banyak di-share oleh sejumlah penguna media sosial hingga akhirnya viral dan menuai reaksi beragam dari warganet.

Baca juga : Pemekaran Di Papua Lebih Banyak Enaknya

Dalam video itu, bos Media Group itu mengatakan, keberadaan buzzer dapat menggangu pembangunan karakter bangsa atau nation and character building. Pasalnya, karakter bangsa diatur dan diwarnai para perilaku buzzer dengan kemajuan teknologi.

“Saya pikir hancur negeri ini. Mereka hanya membenarkan dirinya. Kapan dia katakan dirinya salah memang kerja dia untuk menyalahkan orang. Itulah makanan santapan kita yang kita lihat sekarang dalam keseharian kita,” kata Paloh di video itu.

Baca juga : KPK, Masih Mau Umpetin Identitas Tersangka Nih

Eks politisi senior Golkar itu meminta pihak-pihak yang memanfaatkan buzzer agar segera tobat. “Saya pikir ini harus kita akhiri. Ini hanya bikin negeri ini untuk kita hadapi dengan pesimisme, satu sama lain,” ajak politisi berdarah Aceh itu.

Potongan video Paloh itu rupanya banyak dikomentari sejumlah politisi dan pegiat medsos. Politisi partai Demokrat, Benny Harman sepakat dengan pernyataan Paloh. “Saya setuju dgn Pak Surya Paloh. BuzzerRP telah merusak negeri ini,” cuit Benny di akun Twitter miliknya.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Makin Bertenaga

Menurutnya, kehadiran buzzer telah merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Memecahbelah masyarakat. Merusak demokrasi. Menebar fitnah dan kebencian di tengah masyarakat. “Terima kasih Bang Surya telah membuka kita semua.#RakyatMonitor#,” tekan anggota Komisi III DPR itu.

Ketua DPP Demokrat, Yan Harahap juga berpendapat sama. Parahnya lagi, lanjut dia, banyak buzzer yang nyata-nyata sangat meresahkan itu seolah kebal hukum. “Terkadang instrumen hukum digunakan untuk menjerat pihak-pihak yang kritis kepada penguasa. Ini tentu bagaikan mimpi buruk dalam kehidupan politik dan demokrasi kita. Banyak warga masyarakat takut bersuara, karena ancaman terjerat Undang-Undang ITE,” papar Yan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.