Dark/Light Mode

Nyerang Buzzer

Paloh Banyak Supporternya

Senin, 19 September 2022 06:40 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem).
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem).

 Sebelumnya 
Benarkah keberadaan buzzer sudah meresahkan? Sejumlah pakar memberi penilaian terhadap fenomena keberadaan buzzer yang belakangan ini tumbuh subur di medsos.

Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo mengakui keberadaan buzzer membuat politik Indonesia tidak sehat. Sebab, narasi yang mereka tampilkan biasanya partisan sehingga menjurus pada pembelahan opini publik masyarakat.

Baca juga : Pemekaran Di Papua Lebih Banyak Enaknya

“Saya pikir perilaku buzzer ini memang telah menimbulkan disrupsi luar biasa,” tekan Wasis.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menyebut keberadaan buzzer banyak mudharatnya. Menurut catatannya, banyak konflik politik yang berimbas ke masyarakat merupakan andil besar dari aktifitas buzzer. “Tidak ada adab politik. Jadi Buzzer politik di Indonesia memang sudah sampai pada tahap membahayakan,” kata Dedi.

Baca juga : KPK, Masih Mau Umpetin Identitas Tersangka Nih

Di dunia maya, pernyataan Paloh yang nyerang buzzer itu mendapat banyak dukungan dari warganet. “Pertarungan sudah dimulai dari sekarang. Terima kasih Pak Surya Paloh, saya ikut dibarisan anda,” cuit @Mustofa39120770. “Surya Paloh paham bahwa saat ini ada salah kelola dalam kehidupan berbangsa & bernegara,” timpal @WAHYU_UNIFORM.

Pegiat medsos, @DokterTifa menilai, pernyataan Paloh ini jadi pertanda, masa keemasan buzzer akan berakhir. “Setelah Surya Paloh, bakal ada bos-bos besar lagi yang buang badan dan lempar para Buzzer ini di jalanan. Penggunaan buzzer untuk melanggengkan kekuasaan adalah kejahatan berat sekaligus cacat sejarah negara ini,” cuitnya.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Makin Bertenaga

Namun, akun @DRadjikin bertanya ada Paloh soal buzzer yang sedang dikritiknya itu. “Jadi yang dimaksud pak @suryapaloh51 buzzer yang mana ?!

Menurutku buzzer yang manapun tidak benar. .” cuitnya. “Buzzer teriak buzzer..cermin mana cermin..” timpal @k_FadhanurST. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.