Dark/Light Mode

Hati-hati, Hoax Bansos Upaya Scam Curi NIK

Selasa, 20 September 2022 09:05 WIB
Ilustrasi Hoax Bansos. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Hoax Bansos. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @IDbelasting menimpali. Dia bilang, untuk mengecek daftar penerima bansos hanya ada 3 link resmi yang digunakan. Yaitu, https://cekbansos.kemensos.go.id/, https://bsu.kemnaker.go.id/ dan https://bsu.bpjsketenagaker­jaan.go.id.

“Kalau memang tidak tahu, lebih baik tanya kepada kerabat atau tetangga dan beritahu kepada kerabat agar tidak menyebarkan link hoax. Zaman canggih seperti ini kita harus pintar memilih berita atau link yang hoax atau tidak,” saran @Kezia_Mega_Ramba.

Akun @Dudidam27 mengungkap hoax di pedesaan lebih ngeri. Belum cerita saja, gosipnya langsung tersebar merata ke seluruh warga.

Baca juga : Harga BBM Subsidi Naik, Program Bansos Bisa Diberikan Selama 4 Bulan

Kata @Jungkooqgf, aplikasi bansos sangat rawan disalahgunakan pihak ter­tentu. “Karena ada NIK, nama orang, ala­mat hingga foto rumah warga,” ujarnya.

Akun @kaz_sixofcrow menimpali. Kata dia untuk mengecek bansos di web Kemensos yang ditampilkan hanya data kecil seperti alamat jalan dan bansos apa saja yang diterima.

“Kalau data lengkap warga cuma pegawai yang bisa akses dan terima,” kata dia.

Baca juga : Hati-hati Arema! Carlos Fortes Sudah Pulih Nih...

Akun @siskaliadw mengatakan, Pemerintah banyak menyalurkan pro­gram perlindungan sosial seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), PKH, bansos, subsidi listrik, subsidi elpiji 3 kg dan lain sebagainya.

“Satu data akurat sangat penting untuk mencegah pemberian bantuan agar tidak salah sasaran,” kata dia.

Akun @boss_Diazz berharap, dengan adanya bansos tambahan dan program lain, maka jumlah kemiskinan dapat ditahan, bahkan dikurangi.

Baca juga : Shanty, Hapus Nama Suami

“Bansos tunai Pemerintah ini seperti angin segar buat keluarga kurang mampu maupun yang terdampak,” ujar @melf­eyadin. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.