Dark/Light Mode

Klaim Jabar Kandang Banteng

Puan Beda Kata Dan Data

Minggu, 25 September 2022 06:40 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Instagram @puanmaharaniri).
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Instagram @puanmaharaniri).

 Sebelumnya 
Sedangkan untuk hasil Pileg nasional di Pemilu 2019, PDIP juga keok oleh Gerindra di Jawa Barat. PDIP hanya juara 2 dengan perolehan 3.510.525 suara. Sedangkan Gerindra ada di puncak dengan mampu meraup 4.320.050 suara. Dengan suara itu, PDIP hanya mampu menempatkan 11 orang anggota DPR dari Jawa Barat. Sedangkan Gerindra mampu menyabet 18 kursi.

Baca juga : Komisi II DPR Dukung Pembangunan Perbatasan Negara

Meski datanya demikian, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, klaim Puan benar adanya. Dia mengacu pada survei terakhir tentang elektabilitas partai-partai di Jawa Barat.

Baca juga : Banyak Aduan Masyarakat Karena Putusan Tidak Adil

“Karena kerja kerakyatan yang dilakukan secara kolektif, PDI Perjuangan di Jawa Barat elektoralnya tertinggi. Meskipun demikian, bagi PDI Perjuangan survei itu hanya dilihat dan menjadi instrumen di dalam memastikan strategi pergerakan partai. Survei juga dinamis, yang penting adalah kerja nyata di tengah rakyat,” ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Gibran Tak Keluar Dari Mulut Hasto

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah juga tidak menyalahkan dengan klaim Puan. Sebab, dalam catatan lembaga surveinya, ketika ada kasus Arteria Dahlan soal Bahasa Sunda beberapa bulan lalu, suara PDIP di Jawa Barat malah melonjak. "Meskipun sebaran suara antarpartai tidak terlalu jauh," ucap Dedi, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.