Dark/Light Mode

Deklarasi 10 November

Anies Capresnya Poros Gondangdia

Rabu, 28 September 2022 08:00 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Instagram)
Anies Baswedan. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
“Memang tinggal nunggu kepastian Anies deklarasi. Sebab koalisi kabarnya sudah fix. Alhamdulillah sudah ketemu tanggalnya. Tinggal cawapresnya dirembuk kembali. Prinsipnya relawan dukung Anies dengan siapa pun,” kata Syarief kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, berbagai simpul relawan sudah bergerak menyosialisasikan Anies di seluruh daerah. Masing-masing daerah mengusulkan nama pendamping atau cawapres yang berbeda. Namun, relawan hanya mengusulkan, yang menentukan adalah partai politik di Poros Gondangdia.

Dia tak khawatir, akan ada banyak serangan setelah Koalisi NasDem Cs mengumumkan Anies sebagai capres. “Setelah lengser dari Gubernur, relawan juga sudah punya banyak agenda. Justru lebih leluasa kampanye nanti ya. Apalagi didukung partai koalisi. Kami akan bersinergi menangkis serangan terhadap Anies,” tandasnya.

Baca juga : Mulai 1 November, Biaya Penumpang Pesawat Dari Bandara Changi Singapura Naik

Sementara itu, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro memaparkan keuntungan dan kekurangan Anies serta Poros Gondangdia usai deklarasi.

Dikatakan, dengan mendeklarasikan Anies secara resmi sebagai capres, Poros NasDem Cs lebih maju dibanding koalisi yang lain, yang sudah mendeklarasikan diri sejak awal.

“Ini juga pembuktian bahwa anggota Poros Gondangdia seperti NasDem, Demokrat, dan PKS tak ingin sekedar menjadi peserta pelengkap capres-cawapres karena punya kandidat sendiri,” kata Agung kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bukan Cuma Ojol, Ongkos Angkutan AKAP Juga Naik

Dampak bagi Anies, sosok ini juga bakal naik elektabilitasnya. Sebab Anies selama ini dideskripsikan sebagai sosok antitesa yang dianggap berseberangan dengan sikap pemerintah sebagaimana tercermin dalam keseharian PKS dan Demokrat saat merespon kebijakan pemerintah. “Semakin kuatlah narasi oposisi dan antitesa dan bisa mengambil suara publik yang kecewa dengan pemerintah saat ini,” tambahnya.

Pada bagian lain, terangnya, dengan mendeklarasikan diri lebih awal, Poros Gondangdia dengan paket capres-cawapresnya mesti siap dibedah dan uji oleh siapa pun. Artinya visi-misi, rekam jejak, hingga kekurangan Poros Gondangdia maupun Anies akan semakin jelas dielaborasi dan dikuliti. “Sampai pada satu titik, negative campaign hingga black campaign berseliweran untuk mendegradasi dari berbagai sisi,” tuturnya.

Sehingga, lawan atau koalisi politik lain tentu akan berpikir keras menghadirkan sosok yang lebih baik atau memiliki elektabilitas yang tinggi dibanding Anies. “Ini merupakan konsekuensi logis ketika dideklarasi kan lebih awal, sehingga strategi politiknya dapat terbaca walaupun dimensi “wow factor” juga hadir bersamaan,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.