Dark/Light Mode

Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Kemenag Imbau Shalat Gaib Usai Jumatan

Rabu, 5 Oktober 2022 11:30 WIB
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. (Dok. Kemenag)
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. (Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korban meninggal tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10) bertambah lagi. Pemerintah menyerukan umat Islam untuk menggelar solat gaib dan mendoakan agar arwah para korban diterima di sisi Allah SWT.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Kementerian Agama, Adib telah menerbitkan edaran yang mengajak umat Islam melaksanakan Salat Gaib.

Duka cita mendalam dari Kemenag atas korban meninggal dan terluka dalam tragedi tersebut telah disampaikan.

Baca juga : Tragedi Kanjuruhan, Yang Dipecat Cuma Kroco

“Diberitahukan kepada umat Islam di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, maka diimbau agar melaksanakan Salat Gaib,” ujar Adib di Jakarta, dikutip Rabu (5/10).

“Salat Gaib digelar untuk mendoakan korban meninggal dunia dan dapat dilaksanakan setelah Salat Jumat pada 7 Oktober 2022,” imbuhnya.

Adib menambahkan bahwa Salat Gaib untuk korban tragedi Stadion Kanjuruhan juga akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal setelah Salat Jumat. Sebelumnya, ucapan duka cita juga disampaikan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga : Menpora Jenguk Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Di RSUD Saiful Anwar

“Turut berduka cita atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang,” tutur Gus Yaqut, panggilan akrabnya.

Ia berharap tragedi itu tidak lagi terulang di Indonesia. Ditegaskan bahwa nyawa sangat berharga. Derajat nyawa amat jauh lebih bernilai dari olah raga sepak bola.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan terjadi pada Sabtu malam, usai pertandingan sepakbola antara Arema Malang dengan Persebaya Surabaya.

Baca juga : Mak Ganjar Kalbar Berdoa Untuk Indonesia Dan Korban Tragedi Kanjuruhan

Korban meninggal dunia Tragedi Kanjuruhan sampai pagi ini dikonfirmasi mencapai 131 jiwa dan membuat kejadian tragis itu di posisi kedua insiden sepak bola terburuk di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.