Dark/Light Mode

Makan Malam Bersama Dengan Orang Nomor 2 Rusia

DPD Bahas Ekonomi, Energi, Hingga Rencana Putin Ke Bali

Kamis, 6 Oktober 2022 06:50 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2017-2019, Oesman Sapta (OSO) menyambut kedatangan Ketua Dewan Majelis Federal Federasi Rusia, Valentina Matvienko sebelum menggelar jamuan makan malam, di Jakarta, Rabu (5/10). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2017-2019, Oesman Sapta (OSO) menyambut kedatangan Ketua Dewan Majelis Federal Federasi Rusia, Valentina Matvienko sebelum menggelar jamuan makan malam, di Jakarta, Rabu (5/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Apa kebijakan atau rahasia Parlemen Rusia, hingga punya ketahanan pangan dan energi, yang begitu baik. Bahkan, mereka siap diembargo oleh negara lain. Menurut kami, itu poin yang berharga (untuk Indonesia),” cetus Senator dari Provinsi Bengkulu itu.

Dalam pertemuan itu, sambung dia, pihak Rusia juga mengundang DPD untuk hadir di negaranya, guna melanjutkan perbincangan pasca pertemuan bilateral ini.

Baca juga : Bersama Merawat Daya Tahan Ekonomi Negara

“Ini negara sangat kuat. Banyak sekali kerja sama lintas sektor yang ditawarkan Rusia,” ujar Sultan mengulang pernyataan pihak Rusia.

Selain itu, Sultan juga buka suara soal rencana kehadiran Putin di acara G20 2022, di Bali, November nanti. Menurut dia, pihak Federasi Rusia belum bisa memastikan kehadiran Putin. Namun, mereka memastikan Putin memberi perhatian besar terhadap Indonesia.

Baca juga : Pemerintah Diingatkan Tak Terlena Sanjungan

“Tadi, beliau (Valentina Matvienko) menceritakan tentang pertemuannya dengan Presiden Putin, sebelum datang ke Indonesia. Di negara mereka sedang ada masalah cukup serius loh. Kemudian, Ibu Matvienko menanyakan, apakah dirinya harus membatalkan keberangkatan? Namun, Presiden Putin menegaskan, Ibu Matvienko harus ke Indonesia. Indonesia penting untuk Rusia,” tutur Sultan.

Selain Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua DPD Periode 2014-2019 Oesman Sapta, dan Wakil Ketua DPD Sultan Baktiar Najamudin, petemuan itu diikuti sejumlah pimpinan alat kelengkapan DPD.

Baca juga : Raker Bersama, Kemenperin-ESDM Bahas Isu Energi Dan Manufaktur 

Di antaranya, Ketua Komite I DPD Andiara Aprilia Hikmat, Ketua Komite III DPD Hasan Basri, Ketua Komite IV DPD Elviana, dan Ketua BKSP DPD Sylviana Murni. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.