Dark/Light Mode

Koalisi NasDem-Demokrat-PKS

Anies RI-1 Sudah Deal AHY RI-2 Belum Deal

Rabu, 12 Oktober 2022 06:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Instagram @agusyudhoyono).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Instagram @agusyudhoyono).

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi NasDem-Demokrat-PKS belum dideklarasikan, meski sudah lama melakukan pendekatan. Apa penyebabnya? Ternyata, koalisi ini masih tarik ulur menentukan si cawapres yang pantas mendampingi Anies Baswedan.

Belum dealnya soal cawapres ini disampaikan Ketua DPP NasDem Willy Aditya. Kata dia, saat ini, baru sosok capres yang sudah disepakati koalisi NasDem-Demokrat-PKS. "Secara garis umum, Anies menjadi benang merah kesepakatan bersama dari tiga partai," kata Willy, di UGM Yogyakarta, Senin (10/10).

Baca juga : Demokrat Pede, Anies-AHY Mampu Bikin Perubahan

Untuk cawapres, lanjut dia, ketiga parpol sudah membentuk tim khusus. Ketiga parpol terus menggodok nama pendamping Anies. "Dalam waktu dekat ini semoga sudah ada beberapa kesepahaman yang jadi kesepakatan. Semoga titik terang ini, dalam waktu dekat kita bisa umumkan," kata Willy.

Mengenai AHY yang dianggap Demokrat layak mendampingi Anies, Willy kasih isyarat lain. Meski Anies sudah bertemu AHY beberapa kali dan menunjukkan kemesraan, Willy bilang, hal itu tak menjadi penentu pemilihan pendamping Anies. "Sejauh ini masih terus berkembang. Kita lihatlah nanti siapa, kan masih ada waktu yang panjang," ujarnya.

Baca juga : Demokrat DKI Ungkap Kedekatan Anies Dengan AHY

Sebelumnya, politikus NasDem Zulfan Lindan mengatakan, nama cawapres pendamping Anies akan diumumkan pada 10 November 2022. Nama cawapres itu, kini sedang digodok ketiga parpol.

Untuk kandidatnya, dia mencontohkan tiga sosok. Mereka adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan AHY. "Sekarang masih didiskusikan," ujarnya.

Baca juga : Capresnya Sudah Ada Cawapres Belum Deal

Bagaimana tanggapan Demokrat? Ketum Demokrat AHY mengakui, Demokrat belum melakukan komitmen resmi atau mengambil keputusan final mengenai koalisi. Namun, dia memastikan, Demokrat terus melakukan komunikasi dengan NasDem dan PKS untuk membentuk koalisi perubahan.

Putra sulung SBY ini mengakui, pembentukan koalisi masih terkendala di nama yang akan diusung. "Kami sambil terus mematangkan untuk bisa membawa poros perubahan, itu kira-kita siapa yang bisa jadi tokoh representasi dan jadi calon diusung bersama," kata AHY.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.