Dark/Light Mode

Bangun SDM, Alumni PPSA 22 Lemhannas Gelar Pendidikan Literasi

Senin, 17 Oktober 2022 08:28 WIB
PPSA 22 Lemhannas Tahun 2019 telah menggelar reuni pertama kali di Ruang Serbaguna Perpustakaan Nasional Lantai 4, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10). (Foto: Istimewa)
PPSA 22 Lemhannas Tahun 2019 telah menggelar reuni pertama kali di Ruang Serbaguna Perpustakaan Nasional Lantai 4, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) 22, Mayor Jendral TNI (Mar) Nur Alamsyah yang saat ini menjabat Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL menambahkan, melalui gerakan donasi buku, diharapkan mendorong dan membangun budaya gemar membaca untuk peningkatan kualitas SDM.

Kegiatan ini, lanjutnya, perlu dukungan seluruh elemen bangsa. Karenanya, dalam rangkaian reuni ini, IKAL 22 mengajak seluruh elemen alumni Lemhannas PPSA 22 untuk donasi buku ditujukan bagi masyarakat khususnya di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang berkualitas.

Baca juga : DKI Resmikan Kampung Kerukunan

"Pada saat yang sama, kami juga mendoakan saudara kami Marsdya TNI, Ir. Novyan Samyoga yang telah meninggal dunia karena sakit pada hari Senin, 3 Oktober 2022," ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional Perpusnas) Muhammad Syarif Bando yang juga alumni PPSA 22 nembuka Perpusnas sebagai tempat ajang reuni dan menyambut baik dukungan IKAL 22 terkait program akselerasi literasi sejalan dengan program Perpusnas.

Baca juga : DKI Bangun 100 Taman Maju Bersama Selama 5 Tahun Terakhir

"Saat ini Perpusnas tengah mendorong gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Perpustakaan Nasional sejak tahun 2018 lalu, menyelenggarakan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," paparnya.

Kegiatan ini bagian dari program prioritas nasional 2020-2024 dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatan kualitas SDM Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk wujudkan Indonesia Maju.

Baca juga : Jelang Puncak KTT G20, KSP Ajak Pemda Gencarkan Demam G20

Beberapa alumni PPSA 22 di antaranya adalah adalah Mayjen TNI Dadang Hendrayuda, Letjen TNI Suharyanto, Mayjen TNI Joko Purwo Putranto dan lainnya. Alumni PPSA 22 dari unsur pengusaha seperti Haryadi Sukamdani; Achmad Sopiyan.

"Kami alumni sepakat untuk siap sinergi mendukung akselerasi literasi mewujudkan SDM Indonesia unggul," harapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.