Dark/Light Mode

DKI Bangun 100 Taman Maju Bersama Selama 5 Tahun Terakhir

Rabu, 12 Oktober 2022 19:14 WIB
Taman Maju Bersama. (Foto: Istimewa)
Taman Maju Bersama. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di pekan terakhir masa jabatannya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 100 Taman Maju Bersama (TMB). Peresmian dilakukan di Taman Maju Bersama Delonix, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/10) pagi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, dan Kadistamhut DKI, Suzi Marsitawati.

Anies menjelaskan, TMB dirancang sebagai tempat untuk warga berinteraksi atau ruang ketiga.

"Prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, kebersamaan, dan ruang yang memungkinkan antarwarga ada interaksi yang positif," kata Anies.

Baca juga : BLT BBM Jangkau Desa Terpencil, Warga Sampaikan Terima Kasih

Dalam proses pembangunannya, lanjut Anies, TMB dikerjakan dengan pola yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Rancangan TMB merupakan kolaborasi yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan pakar.

“Sehingga muncul format yang berbeda-beda di setiap tempat. Tujuannya adalah begitu taman ini digunakan sesuai dengan kebutuhannya, kita berharap ruang ketiga ini mampu mempersatukan masyarakat Jakarta dan itulah prinsip di balik TMB," jelasnya.

Anies berpesan kepada pengelola TMB, agar warga khususnya anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usianya.

Baca juga : Bantu Suami Nikah Lagi Sama Mantan Pacarnya

"Karena itu, ditandai dengan tidak adanya larangan untuk menginjak rumput, rumput untuk bermain. Jadi inilah konsep untuk taman maju bersama yang Alhamdulillah Tim Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah berhasil melampaui target yang semula ditargetkan 86 taman maju bersama, Alhamdulillah tercapai 100 Taman Maju Bersama," tegasnya.

Rincian 100 TMB yang telah terbangun di Jakarta, 17 di Jakarta Utara, 17 di Jakarta Barat, 28 di Jakarta Selatan, dan 38 di Jakarta Timur. TMB Delonix yang  berbatasan dengan Sungai Cipinang di sisi Timur memiliki luas sebesar 8.000 m2. Di TMB ini dibangun pula retaining wall untuk mengantisipasi luapan banjir.

Selain itu, terdapat beragam fasilitas sebagai zona interaksi. Di antaranya, ruang untuk kegiatan berkebun, pembelajaran konservasi, ruang sosial besar, ruang sosial kecil, areal bermain dan olahraga, lapangan futsal dan voli, dan jalur pejalan kaki yang nyaman. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.