Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jika Deadlock, KIB Bisa Cari Capres Lewat Konvensi

Selasa, 18 Oktober 2022 06:01 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mulai melakukan pembahasan mengenai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"Acara berikutnya (pembahasan capres-cawapres) kita persiapkan di awal November di wilayah Indonesia timur," ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu disebut bakal memprioritaskan kader dari internal partai koalisi untuk diusung sebagai capres. 

Penunjukkan capres tidak dilakukan lewat mekanisme pemungutan suara atau voting, tetapi musyawarah untuk mencapai aklamasi.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, ketiga partai anggota KIB akan mengajukan nama masing-masing capres.

Baca juga : Jalani Wajib Lapor, Rizky Billar Ngibrit Pas Lihat Wartawan

"Melihat kecenderungannya, partai di KIB alan meletakkan nama-nama capres di atas meja perundingan untuk disetujui," kata Adi, Senin (17/10). 

Menurutnya, KIB cenderung memilih jalan bermusyawarah dalam penentuan nama calon presiden yang hendak diusung di Pilpres 2024.

"KIB sejauh ini kekeluargaan, mungkin karena pemilu masih jauh. Belum ada kata final soal capres," tambahnya.

Adi menilai, dukungan dari sejumlah kader PPP dan PAN untuk Ganjar Pranowo belum mencerminkan sikap resmi partai terkait. 

Deklarasi di sejumlah tempat kader PAN dan PPP ke Ganjar bagian dinamika politik internal kedua partai itu.

Baca juga : Mayoritas Turis Cari Destinasi Wisata Lewat Internet

Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan KIB akan menempuh mekanisme voting atau konvensi ketika musyawarah menemui jalan buntu.

"Kalau deadlock pastinya ada mekanisme lain. Misalnya konvensi," pungkasnya.

Rumuskan Visi Misi

Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi (Awiek) mengatakan, KIB masih perlu merumuskan visi dan misi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam pertemuan mendatang.

“Kami memang belum merumuskan visi misi capres cawapres KIB, insya allah dalam waktu dekat. Soal pertemuan dimana kita sesuaikan lah,” kata Awiek yang masih berada di Madinah, Senin (17/10). 

Baca juga : Sudah Final Ya, Airlangga Capres Dari Golkar

Pertemuan berikutnya kata dia, tuan rumahnya adalah PPP, namun belum ditentukan lokasinya. 

“Belum belum diputuskan. Segala opsi kami coba kaji, karena mekanisme masing-masing partai itu beda-beda. Kami menghargai dan menghormati satu sama lain,” ucap Awiek.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.